Widget HTML #1

5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula yang Baik untuk Kesehatan

5 manfaat minum kopi, manfaat minum kopi, kopi hitam, kopi tanpa gula, manfaat minum kopi

Infomoga.com --
Kopi merupakan minuman populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Minuman ini sangat diminati oleh banyak orang. Selain cita rasa yang khas, tiap resapannya menyimpan filosofi tersendiri.

Tak hanya itu, kopi berguna untuk kesehatan. Meskipun begitu faktanya, konsumsi kopi setiap hari dengan tambahan gula dapat berisiko terkena penyakit diabetes.

“Nah, kopi memang dikenal baik untuk kesehatan, namun jika kopi yang dikonsumsi setiap hari ialah kopi dengan gula tambahan apalagi susu kental manis, ternyata justru berisiko memperbesar potensi terkena diabetes loh,” tulis @kementerianpertanian, dikutip dari akun Instagram, pada Kamis (6/7/2023).

Kemudian, sebagai salah satu komoditas unggulan perkebunan, kopi dikenal memiliki banyak manfaat. Namun, manfaat tersebut dapat dirasakan maksimal, justru pada secangkir kopi tanpa gula tambahan. 

Dengan catatan, dikonsumsi dengan cara yang benar dan jumlah yang tepat. Adapun manfaat kopi tanpa gula untuk kesehatan, sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya ingat

Kopi mengandung kafein, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat, fokus, dan konsentrasi. 

Kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmitter seperti dopamin dan norepinefrin, yang dapat mempengaruhi fungsi kognitif.

2. Baik untuk organ hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati seperti sirosis, kanker hati, dan penyakit hati berlemak. 

Antioksidan yang terkandung dalam kopi, seperti asam klorogenat, dapat membantu melindungi sel-sel hati dari kerusakan.

3. Membersihkan perut

Kopi tanpa gula dapat memiliki efek pencahar alami pada sistem pencernaan. 

Minum kopi dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan kontraksi otot usus, membantu memperlancar proses pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

4. Membantu penurunan berat badan

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak. 

Selain itu, kopi juga dapat mengurangi nafsu makan sementara dan memberikan energi tambahan untuk aktivitas fisik, yang dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

5. Meningkatkan performa olahraga

Kafein dalam kopi dapat memberikan efek ergogenik, yaitu meningkatkan performa fisik dan daya tahan saat berolahraga. 

Kafein dapat membantu meningkatkan kontraksi otot, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan pemulihan setelah latihan.

Demikian lima manfaat untuk kesehatan saat kamu konsumsi kopi tanpa tambahan gula. Setelah ini, bisa dicoba untuk konsumsi kopi tanpa gula agar manfaatnya cepat terasa.

______________________
Penulis: Erlinda Septiawati
Sumber: Suara

Post a Comment for "5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula yang Baik untuk Kesehatan"