Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gedung Sekolah Rusak dan Prestasi Anak Di Pemalang Selatan

Tahun 2012, setidaknya ada 132.217 ruang kelas SD dan 41.027 ruang kelas SMP yang kondisinya rusak berat.        (ANTARA/M.Ali Khumaini)

MOGA - Pendidikan sebagai hak dasar manusia perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Keberadaan sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap dan bagus sehingga para peserta didik aman dan yaman dalam menjalani proses pembelajaran.

Berita tentang Minimnya sarana dan prasarana beberapa sekolah di wilayah Pemalang Selatan membuat kekhawatiran tersendiri dari para Kepala Sekolah maupun para tenaga pendidik. Padahal sekolah merupakan tempat untuk anak belajar menimba ilmu pengetahuan, terutama pada anak sekolah dasar, dimana seorang anak membutuhkan tempat yang representatif dan nyaman dalam belajar.

Hal ini pula yang terjadi di SD Negeri 02 Moga yang berada di Desa Moga Kecamatan Moga yang pada saat sekarang ini perlu adanya renovasi atau perbaikan. Lantaran, bangunan tersebut sudah banyak yang rusak dan butuh perbaikan segera.

Kepala SD Negeri 02 Moga Eko Handestyowati SPd SD menyampaikan, perbaikan yang harus dilakukan adalah atap gedung sekolah, seng, ketinggian bangunan, serta kemiringan bangunan yang kurang. “Rencana untuk perbaikan gedung sekolah memang sudah diajukan. Mudah-mudahan dapat segera terealisasi,” katanya, Senin (29/7).

Perbaikan yang akan dilakukan dimaksudkan agar gedung sekolah menjadi lebih layak, maju, mandiri, dan berpotensi menarik minat para siswa. Sehingga, siswa dapat belajar dengan nyaman, ditambah lokasi sekolah yang berada di pinggir jalan raya menjadikannya kerap menjadi pusat perhatian.

 “Gedung sekolah tersebut memang masih bagus, namun ada beberapa titik yang perlu perbaikan,” tambahnya.

Sekolah akan lebih maju, papar dia, tentunya dengan didukung sarana dan prasarana yang lengkap lagi. Ke depan mudah-mudahan dapat menjadi sekolah yang representative dan lebih nyaman dalam kegiatan belajar mengajar.


Berprestasi Meski Miskin Sarana-prasarana

Seperti halnya beberapa SD di wilayah kecamatan Moga, SD Negeri 04 Mandiraja di Desa Mandiraja Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang merupakan salah satu sekolah dasar yang memiliki prestasi menonjol di bidang pendidikan agama Islam (PAI). Namun, pada saat ini masih kekurangan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran di bidang tersebut.

Ini membawa pengaruh besar terhadap perkembangan dan peningkatan prestasinya. Padahal anak-anak memiliki bakat yang patut diperhatikan, karena dengan berkembangnya bakat anak tersebut tentu saja ini sangat berpengaruh terhadap prestasi dan kemajuan sekolah.

“Potensi yang dimiliki anak-anak memang dapat terlihat dengan keberhasilan mereka menjadi juara pada even-even perlombaan di berbagai bidang, utamanya bidang keagamaan,” ungkap Kepala SD Negeri 04 Mandiraja Suharyadi, Sabtu (27/7) lalu.

Upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang pernah didapat, sekolah terus berupaya melakukan latihan-latihan yang dilaksanakan rutin dan didukung juga oleh lingkungan. Di mana untuk Desa Mandiraja sendiri masyarakatnya sangat agamis, sehingga dukungan penuh dari para orang tua sangat efektif.

“Semua prestasi yang didapatkan memang didukung oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor lingkungan, sehingga apa yang sudah diraih dapat dipertahankan dengan baik,” tambahnya.

Suharyadi berharap, sekolah tetap eksis dan dapat diperhatikan untuk lebih meningkatkan prestasi dengan terpenuhinya sarana dan prasarana penunjangnya. Contohnya alat pendukung kegiatan yang belum terjangkau oleh pihak sekolah.(maf)


Sumber

Post a Comment for "Gedung Sekolah Rusak dan Prestasi Anak Di Pemalang Selatan"