Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telaga Silating Menanti Pengembangan

Telaga Silating (Dok.wisatapemalang)
http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/telaga-silating-potensial-dikembangkan/


Mogaraya.com - Telaga Silating yang berada di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Pemalang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata yang berkelas di wilayah Jawa Tengah. 

Hal itu disebabkan potensi telaga tersebut hingga sekarang belum dimaksimalkan dalam pengelolaan sehingga wisatawan yang datang sedikit. “Ketika kami berkunjung ke Telaga Silating ternyata potensi telaga itu sangat bagus dan potensial sekali untuk dikembangkan menjadi lebih baik. 

Kami dari Komisi C DPRD akan mendorong dinas terkait untuk lebih fokus mengembangkan potensi telaga itu,“ tutur Ketua Komisi C DPRD Pemalang Ujianto Mugo Raharjo, belum lama ini. Dia mengatakan, lokasi Telaga Silating cukup mudah untuk dikunjungi, akan tetapi akses jalannya perlu diperbaiki. 

Untuk itu pihaknya akan mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemalang untuk menganggarkan pembangunan akses jalan menuju lokasi tersebut. Selain itu perlu ada penambahan beberapa fasilitas di lokasi objek wisata Telaga Silating seperti WC atau kamar mandi, rumah makan ataupun tempat ibadah yang layak. 

Selain itu masyarakat di lingkungan Telaga Silating juga harus sadar wisata, artinya harus selalu menjaga lingkungan agar tetap indah dan menarik. Hal yang tidak kalah penting yaitu mengadakan promosi atau iklan melalui berbagai media yang ada. 

Kurang Populer
Sebab selama ini nama Telaga Silating kurang populer di kalangan masyarakat lokal ataupun regional. Bahkan tidak sedikit masyarakat Pemalang yang tidak kenal dengan objek wisata tersebut. “Jika potensi ini hanya dibiarkan dan tidak dikelola dengan baik serta maksimal tidak akan mendatangkan pendapatan daerah yang besar. 

Adapun potensi yang dimiliki Telaga Silating cukup bagus sebab masih cukup alami, sehingga layak dijadikan tujuan berwisata,“ imbuhnya. Dia mengatakan, hal yang tidak kalah penting dan perlu dikembangkan yaitu wisata bawah air, yakni jenis wisata itu sekarang ini sedang tren di kalangan anak muda. 

Akan tetapi, untuk bisa berfoto di bawah air harus ada penyewaan atau menyediakan jasa foto. Hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung khususnya anak muda. Untuk layak digunakan berfoto sebelumnya perlu dilakukan pembersihan dasar telaga. 

Sebab sekarang ini dasar telaga terlihat kotor dan banyak sampah sehingga mengurangi keindahan. Disbudpar harus bisa mengelola potensi tersebut sebab Telaga Silating sangat potensial untuk dikembangkan menjadi lebih baik dari sekarang ini.

Post a Comment for "Telaga Silating Menanti Pengembangan"