Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Curug Sidok, Surga Tersembunyi di Sudut Pemalang

Curug Sidok, Mandiraja - Moga - Pemalang (dok. Pemdes Mandiraja)
InfoMoga -- Mandiraja, Keindahan panorama alam wilayah Moga, Pemalang memang tiada duanya. Udara yang sejuk dan alami tersebut menjadi daya tarik tersendiri, bagi pengunjung yang suka dengan keindahan alam. Salah satu spot wisata alam yang menarik adalah Curug Sipendok atau lebih dikenal dengan Curug Sidok.

Mengutip dari laman Medcom.id, untuk bisa menikmati indahnya Curug Sidok, pengunjung harus menempuh perjalanan yang jaraknya sekitar 50 km dari Pantura Pemalang menuju ke arah selatan. Tepatnya di Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

Untuk dapat mencapai curug, para pengunjung harus berjalan sekitar 300 meter dari batas rumah penduduk, dengan menyusuri jalan setapak yang kanan kirinya ditumbuhi pohon bambu.

Curug Sidok (dok. FB Forsim Mandiraja)
Air terjun yang seolah keluar dari tebing cadas yang tingginya lebih dari 8 meter ini sangat indah dipandang mata.

Udara yang sejuk khas pegunungan serta rimbunnya pepohonan di sekitar curug ditambah batu-batuan besar, membuat pengunjung betah untuk menikmatinya.

Baca juga: Segarnya Berwisata ke Cempaka Wulung

Tak jarang sejumlah pengunjung mandi-mandi sambil bermain air di bawah air terjun. Airnya yang jernih dan cukup dingin ini sangat disukai para pengunjung.

Pengunjung juga tak akan melewatkan untuk berswa foto, mengabadikan keindahan alam ini. Meskipun kebanyakan pengunjung mengaku cukup sulit untuk bisa mencapai curug, lantaran belum adanya akses jalan yang memadai, namun rasa letih tersebut terbayar sudah ketika sampai di curug ini.

"Saya baru pertama datang ke sini dan luar biasa pemandangannya. Suasanya sejuk banget, airnya jernih, enak buat mandi-mandi. Tapi sayang belum ada kamar ganti," kata salah satu pengunjung asal Tegal, Wiwoho.

Selama ini, warga sekitar curug tersebut memanfaatkan aliran airnya untuk mencuci, mandi dan bahkan untuk mengairi areal persawahan. Namun sayang, keindahan alam Curug Sidok ini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah setempat.

Beningnya Air Curug Sidok (dok. FB Forsim Mandiraja)

Akses Menuju Curug Sidok

Akses menuju Curug Sidok ternyata sangatlah mudah. Jika di jangkau dengan menggunakan kendaraan  bermotor, kalau kamu dari arah Randudongkal kalian bisa menuju arah Moga – Mandiraja, sampai di Mandiraja tepat di samping Masjid Jami ada gang, kalian bisa masuk dan lurus terus sekitar 20M, kemudian belok kanan sebelum Lapangan bola, lurus terus saja sampai mentok, nanti sampailah di pintu masuk menuju Curug Sidok.

Baca juga: The beauty of the Sibedil Waterfall Indonesia

Pokoknya dari arah manapun kalian, cari saja Desa Mandiraja Moga, sedangkan kalau menggunakan angkot, kalian bisa naik jurusan moga, kemudian naik angkot lagi jurusan Mandiraja, dan turun di Masjid Jami Mandiraja dan di lanjut dengan jalan kaki.