Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alhamdulillah, Tempat Tes Laboratorium Covid-19 di Jateng Bertambah


Infomoga.com -- Semarang, Pengecekan dan uji swab Covid-19 di Jawa Tengah kini diharapkan semakin cepat. Rumah Sakit Universitas Negeri Sebelas Maret (RS UNS) Surakarta ditetapkan sebagai laboratorium tes covid-19.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus mendorong penambahan laboratorium tes covid-19 di Jateng. Setelah Laboratorium Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, kini tempat pengecekan Covid-19 Jateng bertambah satu, yakni RS UNS Surakarta.

Ganjar mengatakan senang karena RS UNS telah ditetapkan sebagai laboratorium pengecekan Covid-19. Dengan begitu, maka penanganan Covid-19 di Jateng akan semakin cepat seperti dilansir Beritasatu.com (15/4/2020).

Baca juga: Update COVID-19 Jateng: 38 Kasus, 4 Meninggal dan 34 dalam Perawatan

"Sebenarnya kami sudah menyiapkan banyak, ada beberapa rumah sakit dan perguruan tinggi. Alhamdulillah UNS sudah bisa dan menawarkan menjadi rumah sakit rujukan. Saya senang dan akan saya siapkan keperluan untuk itu," kata dia.

Beberapa rumah sakit yang disiapkan lainnya lanjut Ganjar tinggal menunggu ketetapan dari Kementerian Kesehatan. Di antaranya RSUD Moewardi Solo, RSUP Kariadi Semarang, Undip Semarang, Unsoed Purwokerto dan RSUD Margono.

"Ada lagi rumah sakit Pertamina di Cilacap yang disiapkan pemerintah. Semuanya sudah disiapkan, tinggal on saja. Mudah-mudahan segera disetujui sehingga penanganan lebih cepat," tegasnya.

Apabila semua itu disetujui, Ganjar menegaskan pengecekan lab untuk pasien Covid-19 di Jateng tidak akan membutuhkan waktu lama. Dalam hitungan jam saja, hasil tes akan diketahui.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jateng Siapkan 11 RS Rujukan

"Kalau Salatiga ada, Solo didukung Jogja, Semarang dan Banyumas sudah on, ini bisa sangat membantu. Area layanan akan semakin banyak dan mempercepat penanganan," tutupnya.

Sebelumnya, pengecekan tes Covid-19 di Jateng selalu dikirim ke Jakarta dan Jogjakarta. Akibatnya, hasil tes cukup lama didapat dan penanganan pasien menjadi terkendala.

Kementerian Kesehatan kemudian menunjuk laboratorium B2P2VRP di Salatiga sebagai tempat pengecekan. Namun kapasitas yang belum mumpuni, membuat waktu pengecekan juga cukup lama.

Sumber: BeritaSatu.com

1 comment for "Alhamdulillah, Tempat Tes Laboratorium Covid-19 di Jateng Bertambah"

  1. alhamdulllah, tak hanya tempat test kini vaksin juga ada milik nasional https://news.unair.ac.id/tag/vaksin-covid-19/

    ReplyDelete