Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jateng Siapkan 11 RS Rujukan

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jateng Siapkan 11 RS Rujukan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo (Istimewa)
Infomoga.com -- Semarang, Usai Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terinfeksi virus corona jenis baru (Covid-19), sejumlah daerah di Indonesia mulai menyiapkan langkah antisipasi. Salah satunya Provinsi Jawa Tengah.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan 11 rumah sakit rujukan untuk antisipasi penyebaran Virus Corona di wilayahnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah juga sudah menyurati direktur rumah sakit negeri dan swasta untuk menyiapkan ruang isolasi.

Baca juga: Diduga Terinfeksi Virus Corona, Warga Bekasi Meninggal Dunia

"Jika ada suspect Corona harus dirujuk ke rumah sakit yang disiapkan antara lain RSUP dr Kariadi Semarang, RSUD Tugurejo, RSU Dr Moewardi, dan RSU Prof Dr Margono Soekarjo," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo di kantornya, Senin (2/3/2020) seperti dilansir detik.com.

Yulianto menjelaskan pihaknya juga sudah mengirim surat edaran ke rumah sakit se-Jateng agar menyiapkan ruang isolasi. Sehingga jika terjadi skenario terburuk, yaitu ledakan kasus, maka seluruh rumah sakit di Jateng siap menangani.

"Kita sudah antisipasi dengan skenario terburuk. Seluruh rumah sakit di Jateng baik milik pemerintah maupun swasta harus mampu melayani pasien COVID-19 ini," ujarnya.

"Sudah terbitkan surat edaran ke kabupaten/kota dan fasilitas kesehatan untuk menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit apapun kelas rumah sakitnya. Kami minta untuk siapkan ruang isolasi dengan jumlah cukup," tegasnya.

Upaya pencegahan


Selain itu, dikutip dari Vivanews,com (3/3/2020), dalam upaya pencegahan, dikatakan Yulianto, Dinkes Jawa Tengah menjaga ketat dan pengawasan di setiap wilayah pintu masuk ke Jawa Tengah. Seperti di Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Boyolali dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jateng Siapkan 11 RS Rujukan
Pengawasan dengan alat deteksi suhu tubuh (Istimewa)

"Penumpang yang dari luar negeri akan kami beri Health Alert Card (HAC). Kemudian akan kami lakukan pemeriksaan, observasi, isolasi dan rujukan apabila ditemukan penumpang dengan ciri-ciri penderita virus Corona," kata dr Yulianto Prabowo.

Seluruh masyarakat Jawa Tengah tak perlu panik meski sudah ada warga Indonesia yang terinfeksi Corona. Dinas Kesehatan Jawa Tengah juga akan mengirim 50 ribu masker ke setiap daerah.

"Kami minta kerja samanya dengan seluruh masyarakat, agar menjaga satu sama lain. Ini persoalan bersama, jangan panik. Apabila ada yang merasa gejala sama dengan penderita Corona, segera menuju rumah sakit rujukan," pungkasnya.

Baca juga: Masuk Indonesia, Ini Ciri-Ciri dan Gejala Virus Corona yang Perlu DIketahui

Berikut 11 rumah sakit di Jawa Tengah yang disiapkan untuk merawat pasien terjangkit virus Corona, yaitu:

  • RSU Dr Kariadi Semarang
  • RSUD Tugurejo
  • RSU Dr H Soewondo
  • RSU Dr Moewardi
  • RSU Banyumas
  • RSU Kudus
  • RSU Dr H RM. Soeselo W
  • RSU Pekalongan
  • RSU Tidar
  • RSU Prof Dr Margono Soekarjo
  • RSU Dr Suraji Tirtonegoro

Post a Comment for "Antisipasi Virus Corona, Pemprov Jateng Siapkan 11 RS Rujukan"