Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masuk Indonesia, Ini Ciri-Ciri dan Gejala Virus Corona yang Perlu DIketahui

Ini Ciri-Ciri dan Gejala Virus Corona yang Perlu DIketahui

Infomoga.com -- Dua warga negara Indonesia positif terinfeksi virus Corona. Pernyataan ini dikonfirmasi langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto d Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Virus Corona atau COVID-19 yang pertama kali menjangkiti warga di Wuhan, China Januari 2020 lalu kini sudah menyebar ke berbagai negara di benua Eropa dan Amerika.

Virus COVID-19 adalah suatu virus dengan gejala umum, mulai dari flu biasa hingga yang lebih parah seperti sindrom pernapasan akut (SARS) dan MERS-CoV.

Baca juga: Ciplukan, Dulu Dibuang Saiki Regane Larang

Jumlah kematian akibat infeksi virus corona hingga kini sudah menembus angka 3000 jiwa.

Sedangkan korban infeksinya mencapai 88.000 orang. Dan negara Korea Selatan menjadi negara kedua penyebaran virus tertinggi setelah China.

Oleh karena itu pentingnya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan mengenali ciri-ciri gejala orang yang terinfeksi virus corona di sekitar kita. Dikutip dari Merdeka.com, berikut ciri-ciri orang yang terinfeksi virus corona:

Demam Tinggi


Suhu tubuh orang normal atau sehat yaitu 37,5 derajat celcius, namun ciri-ciri orang yang telah terinfeksi virus corona suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius.

Seseorang memiliki suhu tubuh tersebut harus dikarantina dan mendapatkan perawatan khusus agar tidak menular ke orang lain

Sakit Kepala


Selain mengalami kenaikan suhu tubuh, atau demam. Seseorang yang terinfeksi virus corona akan mengalami sakit kepala.

Gejala virus ini akan mulai terlihat atau terdeteksi setelah korban terpapar virus 2 sampai 14 hari kemudian.

Flu atau pilek


Gejala yang paling terlihat dan diduga menyebabkan penularan antara manusia adalah flu atau pilek. Orang yang terjangkit virus corona ini akan terkena flu, dan cairan dari flu ini memiliki resiko membuat orang lain tertular.

Diduga virus corona dapat menempel dan bertahan hidup selama 9 hari di sebuah benda yang terkontaminasi, hal ini merujuk pada virus sejenisnya, yaitu MERS dan SARS.

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan barang-barang dengan desinfektan untuk meminimalisir penyebaran.

Batuk Parah dan Sakit Tenggorokan


Batuk-batuk yang tak kunjung reda, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat.

Virus corona memiliki gejala utama batuk-batuk kronis, hal ini patut dicurigai terutama apabila anda atau orang sekitar anda baru saja berinteraksi dengan orang-orang yang baru berpergian keluar negeri, di mana merupakan salah satu negara yang terinfeksi virus corona.

Baca juga: Stress, Laka Salahe Coba 6 Langkah Mudah Ini untuk Meredakannya

Selain itu, apabila disertai dengan tenggorokan yang sakit, maka anda perlu waspada.

Sesak Napas


Seseorang yang terinfeksi virus corona akan mengalami kesulitan bernapas.

Gejala virus corona ini memang menyerupai gejala penyakit pneumonia di mana, paru-paru terinfeksi bakteri, jamur maupun virus dan menyebabkan seseorang mengalami sesak napas pendek.

Post a Comment for "Masuk Indonesia, Ini Ciri-Ciri dan Gejala Virus Corona yang Perlu DIketahui"