Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stress, Laka Salahe Coba 6 Langkah Mudah Ini untuk Meredakannya

psych2go.net
Mogaraya.com - Stres bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Stres karena banyak pikiran memang wajar-wajar saja. Tapi kalau terlalu berlarut-larut stres tentu tidak baik untuk kesehatanmu. 

Sampeyan butuh sesuatu hal yang bisa merefleksikan pikiranmu sehingga bisa menghilangkan stres. Salah satu caranya dengan latihan relaksasi otot progresif. Sampeyan wis tau krungu urung lur?

Banyak yang menyebut kalau latihan relaksasi otot progresif itu sulit, padahal sebenarnya mudah kok. Latihan ini berguna untuk membantu otot menjadi tegang dan rileks. Latihan tersebut membuat kamu semakin tahu perubahan kondisi otot yang menegang dan juga otot rileks. Dengan begitu, perlahan kamu bisa melepaskan ketegangan yang muncul.

Latihan ini sudah banyak dipraktikkan dan terbukti meredakan stres, depresi, dan kecemasan. Tak hanya itu, latihan tersebut juga menghilangkan pegal dan mencegah kesemutan. Cara melakukannya cukup mudah, ada 6 gerakan yang perlu dilakukan seperti dilansir brilio.net dan dummies.com, Selasa (7/9).

Kye contone:

brillio.net
 
1. Duduklah di kursi dengan tenang.

2. Kerutkan mukamu sehingga tegang. Tahan ketegangan itu selama 5 sampai 10 detik, kemudian kendurkan otot itu selama 30 detik.

3. Lakukan hal yang sama untuk lenganmu. Tegangkan, tahan 5 - 10 detik, lalu kendurkan selama 30 detik.

4. Lakukan hal yang sama untuk bahu dan dada.

5. Tahapan selanjutnya masuk ke kaki. Tegangkan otot jari kaki. Tahan ketegangan itu selama 5 sampai 10 detik, kemudian kendurkan otot itu selama 30 detik.

Sekarang bergeser pada bagian kaki yang lain. Tegangkan betis, paha, dan otot pinggul utama. Tahan ketegangan itu selama 5 sampai 10 detik, kemudian kendurkan otot itu selama 30 detik.

6. Tarik nafas, tahan, lalu keluarkan.

Latihan ini ternyata bisa meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membawa oksigen dan energi ke otak. Masuknya oksigen ke otak bisa merefleksikan dirimu sehingga bisa berpikir lebih tenang.

Priben lu, tertarik? Coba bae laka salahe...

Post a Comment for "Stress, Laka Salahe Coba 6 Langkah Mudah Ini untuk Meredakannya"