Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemalang Zona Merah Covid-19, Bupati Minta Masyarakat Tidak Perlu Cemas


Infomoga.com -- Pemalang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) telah menetapkan Kabupaten Pemalang sebagai zona merah Covid-19 menyusul dua warga Pemalang yang dinyatakan positif corona.

Bupati Pemalang H.Junaedi mengatakan bahwa saat ini status Kabupaten Pemalang adalah tanggap darurat, dan menurut informasi dari Pemprov Jateng Kabupaten Pemalang sudah memasuki zona merah.

"Kabupaten Pemalang saat ini, dengan sudah adanya dua warga dinyatakan positip Covid-19 maka berdasarkan penetapan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sudah termasuk zona merah,"kata Bupati Junaedi seperti dilansir suaramerdeka.com, Minggu (12/4/2020).

Baca juga: Update COVID-19 Pemalang: Dua Pasien Terkonfirmasi Positif Corona

Bupati menjelaskan, dengan adanya warga terpapar, status Pemalang  adalah tanggap darurat atau bisa juga dikatakan sama dengan fase Kejadian Luar Biasa (KLB).

Dengan kondisi seperti ini, maka pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak terlalu cemas, namun tetap waspada dan melakukan protokol -protokol kesehatan yang di sarankan oleh pemerintah.

Karena itu dia meminta semua warga untuk mentaati imbauan pemerintah antara lain menjaga jarak, menggunakan masker dan sering cuci tangan serta biasakan pola hidup bersih dan sehat.

“Maka dari itu masyarakat diminta untuk melakukan prosedur tetap (protap) kesehatan yang di himbaukan oleh pemerintah”, tuturnya seperti dikutip dari laman resmi pemalangkab.go.id.

Khusus untuk para pemudik, pihaknya menghimbau agar menunda mudik terlebih dahulu sampai situasi kembali normal.

"Termasuk untuk warga Pemalang yang menjadi pemudik, pemerintah daerah tidak melarang, akan tetapi mengimbau untuk menunda mudik terlebih dahulu sampai kondisi normal. Sayangi keluarga, jaga lingkungan, jaga masyarakat,"ujarnya.


Dana desa untuk pencegahan Covid-19


Untuk antisipasi pencegahan dan penyebaran Covid-19, Bupati mendorong desa mengalokasikan Dana Desa untuk pengadaan masker dan dibagikan kepada masyarakat.

Baca juga: Pemudik Terus Bertambah, Pemkab Pemalang Intensifkan Posko Terpadu

"Siapkan masker untuk masyarakat, apabila belum ada silakan menggunakan dana ADD untuk membeli dan segera bagikan. Saya yang bertanggung jawab," tegas Bupati saat inspeksi mendadak (sidak) sarana prasarana dan kelengkapan di sejumlah Posko Penanganan Covid -19 di beberapa desa se-kecamatan Pemalang, Minggu, (12/4/2020).

Adapun sejumlah lokasi yang di sidak antara lain, di Desa Bojongnangka, Desa Wanamulya, Desa Banjarmulya, Kelurahan Paduraksa dan Desa Kramat.

Terakhir, Bupati juga mengintruksikan kepada petugas TNI, polri, tenaga medis dan unsur organisasi kemasyarakatan lainnya untuk senantiasa menjaga di perbatasan Kabupaten Pemalang.

Post a Comment for "Pemalang Zona Merah Covid-19, Bupati Minta Masyarakat Tidak Perlu Cemas"