Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alhamdulillah, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka


Infomoga.com -- Riyadh, Kabar baik datang dari Arab Saudi, Dua masjid suci umat Islam, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka kembali setelah setelah sebelumnya mengalami pembatasan demi mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Presiden Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan, bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan kembali dibuka untuk Tawaf dan salat wajib serta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

"Saya membawa kabar baik kepada Muslim dunia bahwa aktivitas ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera bisa normal kembali," kata Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais melalui akun Twitter @HaramainInfo, Rabu (29/4).

Baca juga: Riset Singapura: Wabah Corona di Indonesia Diprediksi Berakhir 6 Juni

"Hari-hari akan datang (segera) ketika para jemaah kembali ke Dua Masjid Suci," ucap Sheikh Al-Sudais, seperti dilansir Saudi Gazette dan Detikcom, Kamis (30/4/2020).

"Segala sesuatu akan kembali, Insya Allah, sebagaimana mestinya, dengan negara berupaya mewujudkan lingkungan yang sehat," imbuhnya.


Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Haji dan Umroh Saudi juga menyampaikan pernyataan serupa via Twitter.

"Insya Allah, di bawah kepemimpinan pemerintah kita yang bijaksana, dan sejalan dengan komitmen kita untuk mematuhi prosedur dan instruksi yang diterbitkan oleh otoritas terkait, akan ada kembali ke Mekah, dengan pembukaan kembali (Masjidil) Haram dan kunjungan kembali ke Masjid Nabawi di Madinah untuk umat beriman di seluruh penjuru dunia," demikian pernyataan Kementerian Haji dan Umroh Saudi.

Dalam pernyataannya, Sheikh Al-Sudais juga mengumumkan sejak awal bulan sejumlah kamera thermal dipasang di Masjidil Haram. Kamera-kamera ini ditempatkan di bagian pintu masjid dan halaman masjid untuk membantu mendeteksi virus Corona.

Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais saat meninjau kamera thermal di Masjidil Haram
Disebutkan bahwa kamera thermal ini mampu secara akurat memeriksa suhu tubuh 25 orang pada saat bersamaan.

Baca juga: Mudik Masih Boleh Kok, Tapi ...

"Hari ini, Alhamdulillah, kita telah memasang perlengkapan kamera thermal yang memindai di dalam situs suci dari pintu. Jika seseorang dicurigai sakit, hal itu akan ditunjukkan oleh alat ini," sebut Sheikh Al-Sudais.

Ia menjelaskan, bahwa pembukaan akses untuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dilakukan dengan penghitungan cermat.

"Kita tidak terburu-buru untuk membuka Dua Masjid Suci karena semua langkah yang diambil adalah untuk kebaikan kita," ujar Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais.

Sheikh Al-Sudais pun mengajak semua umat Islam dunia untuk terus berdoa melawan pandemi Virus Corona.
_________________________________________
sumber: Saudi Gazette / Detik / Jambi Independent

Post a Comment for "Alhamdulillah, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka"