Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Riset Singapura: Wabah Corona di Indonesia Diprediksi Berakhir 6 Juni


Infomoga.com -- Sebuah riset terbaru yang dilakukan Singapore University of Technology and Design (SUTD) memprediksi penyebaran virus corona di Indonesia akan berakhir mulai 6 Juni 2020. Di mana saat itu diprediksi 97% kasus sudah selesai.

Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian itu melakukan pendataan perihal estimasi tanggal berakhirnya wabah COVID-19 di berbagai negara di dunia.

Seperti dilaporkan CNBC Indonesia (27/4/2020), menurut penelitian tersebut, 97 persen kasus infeksi virus corona baru secara global akan mulai menurun pada 29 Mei dan akan benar-benar berakhir 100 persen pada 8 Desember. Dalam kerjanya, para peneliti melakukan simulasi menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Baca juga: Masuk Indonesia, Ini Ciri-Ciri dan Gejala Virus Corona yang Perlu DIketahui

Penelitian ini menggunakan model SIR (susceptible-recover-recovered) yang diregresikan dengan data berbagai negara untuk memperkirakan kurva siklus hidup pandemi dan memperkirakan kapan pandemi tersebut akan berakhir di masing-masing negara.

"Prediksi pada dasarnya tidak pasti. Pembaca harus mengambil prediksi apa pun dengan hati-hati. Terlalu optimisme berdasarkan perkiraan tanggal akhir berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan seharusnya dihindari," tulis SUTD dalam situsnya.

Dalam laporan tersebut diungkapkan 97% kasus akan berakhir pada 6 Juni 2020 dan 99% kasus akan berakhir di 23 Juni 2020.

Sebelumnya, sejumlah ilmuwan dan peneliti memprediksi puncak virus corona di Indonesia akan terjadi pada bulan Juni dan Juli 2020 dengan jumlah korban yang terinfeksi mencapai 106 ribu kasus.

Baca juga: Ternyata Cara Sederhana Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pasien Covid-19

Berikut prediksi tanggal berakhirnya pandemi COVID-19 di beberapa negara Asia yang dikutip dari situs SUTD seperti dilansir Sindonews, Minggu (26/4/2020).

Singapura
Penurunankasus infeksi COVID-19 hingga 97 persen di negara ini diprediksi terjadi pada 5 Mei dan pandemi berakhir hingga 97 persenpada 4 Juni. Prediksi ini juga mengacu pada keputusan Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang memperpanjang periode social distancing hingga 1 Juni.

Filipina
Perkiraan berakhirnya pandemi COVID-19 hingga 97 persen di negara ini pada 8 Mei.

Indonesia
Pandemi COVID-19 akan berakhir hingga 97 persen pada 6 Juni.

Malaysia
Malaysia diprediksi bisa mengakhiripandemi COVID-19 hingga 97 persen pada 6 Mei.

Arab Saudi
Penurunan kasus infeksi COVID-19 di negara ini diprediksi mulai terjadi 27 April. Sedangkan pandemi akhir hingga 97 persen pada 21 Mei.

Uni Emirat Arab
Pandemi COVID-19 di negara ini diprediksi berakhir 97 persen pada 11 Mei.

Baca juga: Resmi Dirilis Pemerintah, Ini Protokol Lengkap Jika Alami Gejala Virus Corona

Iran
Pandemi COVID-19 di Iran diprediksi akan berakhir 97 persen pada 19 Mei.

Qatar
Qatar diprediksi mampu mengakhiri 97 persen penyebaran COVID-19 pada 26 Juli.

Oman
Pandemi COVID-19 di Oman diperkirakan akan berakhir hinggga 97 persen pada 15 Mei.

Bahrain
Bahrain diprediksi akan mengalami sirkulasi penurunan kasus infeksi COVID-19 pada 16 Mei. Sedangkan akhir dari pandemi hingga 97 persen diprediksi terjadi pada 6 Agustus.

Kuwait
Pandemi COVID-19 di Kuwait diperkirakan berakhir hingga 97 persen pada 5 Juni.
____________________
CNBC Indonesia / Sindonews

Post a Comment for "Riset Singapura: Wabah Corona di Indonesia Diprediksi Berakhir 6 Juni"