Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelang Pilkada Jateng, Ini 9 Daerah Berkategori Rawan, Pemalang Salah Satunya


Infomoga.com -- Sebanyak 21 kabupaten/kota akan menyelenggarakan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember tahun ini. Sembilan daerah diantaranya memiliki potensi kerawanan tinggi, Pemalang diantaranya.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah menyampaikan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk pemilihan kepala daerah-wakil kepala daerah 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Karena ada pandemi, IKP ini juga meneropong kondisi terkini pada masa pandemi Covid-19.

Bawaslu mendefinisikan kerawanan adalah segala hal yang mengganggu atau menghambat proses pemilihan yang demokratis. Tujuan IKP adalah alat untuk mengetahui dan mengidentifikasi ciri, karakteristik, dan kategori kerawanan. IKP sebagai alat pemetaan, pengukuran potensi, prediksi, dan deteksi dini.


Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Anik Sholihatun menyatakan bahwa IKP ini bagian dari upaya pengawas pemilu untuk deteksi dini dan upaya pencegahan agar tak terjadi pelanggaran.

“Hasil IKP Jawa Tengah menunjukan bahwa masing-masing daerah memiliki titik kerawanan masing-masing,” kata Anik dalam acara Ngobrol Bareng Bawaslu (NGOBRAS) yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube Humas Bawaslu Jateng, akhir Juni lalu.

Bawaslu mengkategorikan kerawanan pilkada 2020 menjadi empat konteks, yakni:
  • konteks sosial dengan sub dimensi: gangguan keamanan (bencana alam dan bencana sosial), kekerasan atau intimidasi pada penyelenggara.
  • konteks politik dengan subdimensi: keberpihakan penyelenggara pemilu, rekruitmen penyelenggara pemilu yang bermasalah, ketidaknetralan ASN, penyalahgunaan anggaran.
  • konteks infrastruktur daerah dengan sub dimensi: dukungan teknologi informasi, sistem informasi penyelenggara pemilu.
  • konteks pandemi dengan subdimensi: anggaran pilkada terkait covid-19, data terkait covid-19, dukungan pemerintah daerah, resistensi masyarakat, hambatan pengawasan pemilu
Kesembilan kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masuk kategori rawan tinggi dalam IKP tingkat nasional tersebut yaitu, Kabupaten Pekalongan dan Kota Semarang memiliki kerawanan tinggi dalam konteks sosial.


Adapun konteks politik, ada tujuh daerah yang kerawanannya tinggi, yakni Klaten, Sukoharjo, Pemalang, Sragen, Rembang, Kabupaten Semarang dan Kota Semarang.

Terkait dengan konteks infrastruktur daerah, ada Kabupaten Wonosobo yang hasil IKP menunjukan memiliki kerawanan tinggi.

Dalam konteks pandemi, daerah yang memiliki kerawanan tinggi adalah Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.

Adapun kabupaten/kota lainnya masuk dalam kategori rawan sedang. Anik menyatakan, meski daerah lain tidak masuk kategori rawan tinggi tapi tetap perlu melakukan pencegahan dan antisipasi. 

Post a Comment for "Jelang Pilkada Jateng, Ini 9 Daerah Berkategori Rawan, Pemalang Salah Satunya "