Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akibat La Nina, Musim Hujan Diprediksi Lebih Lama, Jateng Waspada Banjir & Tanah Longsor

Akibat La Nina, Musim Hujan Diprediksi Lebih Lama, Jateng Waspada Banjir & Tanah Longsor

Infomoga.com -- Semarang, Munculnya fenomena La Nina yang terjadi hampir di seluruh wilayah di Indonesia diprediksi menyebabkan musim hujan tahun ini akan lebih panjang. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi. Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah baru-baru ini.

Iis Harmoko, Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang menyebutkan, karena fenomena La Nina musim hujan di Jateng diprediksi akan lebih panjang dibanding dengan tahun sebelumnya. 

"Ada fenomena La Nina jadi, musim hujan akan diprediksi lebih panjang," jelasnya seperti dikutip dari suara.com, Sabtu (3/10/2020). 

Dia memperkirakan, musim hujan di tahun ini akan lebih panjang mulai bulan Oktober yang berakhir pada tahun depan. Meski demikian, tak perlu khawatir karena fenomena La Nina yang akan muncul di musim hujan tahun ini kategorinya lemah hingga moderat. 

"Jadi musim hujan tahun ini diperkirakan kecenderungan potensi hujan akan lebih banyak," ucapnya. 
Adapun beberapa daerah yang akan memasuki musim hujan di bulan Oktober yaitu daerah Boyolali, Sukoharjo, Batang, Sragen, Karanganyar, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Demak, Grobogan dan Kota Semarang.

Sementara, daerah yang akan memasuki musim hujan di bulan November yaitu daerah Tegal, Pekalongan, Jepara, Pati, Kudus, Rembang dan Blora. 

"Jadi memang beberapa daerah ada yang memasuki musim hujan di bulan Oktober namun ada juga yang memasuki musim hujan di bulan November," paparnya. 


Untuk itu, ia berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan mitigasi bencana untuk mengahadapi potensi bencana.

Menurutnya, fenomena La Nina akan memperpanjang musim hujan di Jateng, untuk kemungkinan bencana Banjir dan Longsor akan terjadi. 

"Untuk masyarakat harus lebih bersiap-siap untuk membuat mitigasi ketika ada bencana. Tahun ini musim hujan lebih lama," ucapnya. 

sumber: suara.com

Post a Comment for "Akibat La Nina, Musim Hujan Diprediksi Lebih Lama, Jateng Waspada Banjir & Tanah Longsor"