Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelang Libur Panjang, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test di Sejumlah Titik dan Lokasi Wisata

Jelang Libur Panjang, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test di Sejumlah Titik dan Lokasi Wisata

Infomoga.com -- Menjelang libur panjang pekan ini pada 28 Oktober-1 November 2020, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai bersiap mengantisipasi lonjakan pemudik. Pemprov Jateng siapkan rapid tes covid-19 di sejumlah lokasi dan obyek wisata.

Terkait libur panjang pekan ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan ada pantauan dibeberapa tempat, dari jalan tol, hingga tempat wisata. 

Selain itu Pemprov Jateng juga berkoordinasi dengan kepolisian terkait kondisi lalu lintas termasuk rapid tes secara acak.


"Minta tim medis untuk support kepolisian dalam mengatur lalu lintas. Karena kita akan melakukan random test, PCR (Polymerase Chain Reaction)mobil kita siapkan. Tempat wisata sama," jelasnya.

Dari salinan Surat Edaran yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng yang diterima infomoga.com, ada Tujuh lokasi yang akan dilakukan random tes untuk mengantisipasi dan deteksi dini Covid-19.

Ketujuh lokasi tersebut adalah:

1. Gerbang tol kalikangkung di Semarang
2. Obyek wisata Dusun Semilir di Kabupaten Semarang
3. Obyek wisata Dieng di Wonosobo
4. Obyek wisata Owabong di Purbalingga
5. Obyek wisata Tawangmangu di Karanganyar
6. Candi Borobudur di Magelang
7. Terminal Pati di Pati 

Jelang Libur Panjang, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test di Sejumlah Titik dan Lokasi Wisata

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengungkapkan, sesuai koordinasi antar instansi akan dilakukan rapid test secara sampling yang dikonsentrasikan di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, seperti diberitakan suara.com. 

"Sesuai kesepakatan, nanti dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan melakukan rapid test. Selain di Kalikangkung, ada di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu dan Borobudur akan ada Mobile PCR," imbuhnya. 

Perantau dihimbau tidak mudik

Masih terkait libur panjang, Ganjar Pranowo mengimbau perantau tak mudik ke Jateng karena berpotensi menimbulkan kerumunan seperti diberitakan detik.com, Senin (26/10/2020).


"Harapan saya, tidak usah mudik saja. Kita tinggal di sana, di tempat masing-masing, kemudian bisa jaga kesehatan," ujarnya.

Ganjar menyampaikan kekhawatirannya terjadi kerumunan karena ada pemudik.

"Karena, kalau mudik saya khawatir ramai di jalan berkerumun. Kalau boleh saya sarankan, untuk tidak mudik," pungkasnya.

Post a Comment for "Jelang Libur Panjang, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test di Sejumlah Titik dan Lokasi Wisata"