Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Wilayah di Jateng Masih Zona Merah Covid-19, Pemalang Salah Satunya

7 Wilayah di Jateng Masih Zona Merah Covid-19, Pemalang Salah Satunya

Infomoga.com -- Sebanyak tujuh wilayah di Jawa Tengah (Jateng) masih zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Dua daerah masuk zona kuning dan sisanya zona oranye.

Hal ini diungkapnkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang menyebut masih ada tujuh daerah di wilayanya yang masuk zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19. 

"Kota Tegal, Kebumen, Pemalang, Wonosobo, Karanganyar, Kabupaten Semarang, Kota Pekalongan yang merah, lainnya oranye. Kuning itu Kota Salatiga dan Wonogiri," kata Ganjar usai rapat penanganan COVID-19 di kantornya, Kota Semarang, Senin (19/10/2020) seperti diberitakan detikcom.

Ganjar menjelaskan beberapa daerah tertentu tinggi angka kasusnya karena ada campuran klaster penyebaran. Maka Pemprov Jateng akan membantu pendampingan dan juga membantu soal tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Akan coba bantu turunkan tim, nanti bisa dampingi, apa kesulitan mereka," jelas Ganjar.

Optimalisasi konsep penanganan tingkat kampung juga dilakukan seperti Jogo Tonggo dari Pemprov atau Kampung Tangguh dari kepolisian.

"Kita juga akan mengoptimalkan konsep yang sudah ada, Jogo Tonggo dan Kampung Tangguh yang dibina kepolisian," ujar Ganjar.

Ada 4 Klaster Penyebaran Covid-19

Sementara itu terkait klaster penyebaran virus Corona di Jateng, ada empat klaster tertinggi yaitu klaster pondok pesantren, klaster keluarga, klaster kerja, dan klaster pasar.

"Pondok pesantren itu sudah ada yang isolasi di tempat khusus 123, isolasi mandiri 446, dirawat 82, sembuh 272. Jadi total 923, tertinggi 44,6 persen," terang Ganjar.

Untuk klaster keluarga, pasien tidak ada yang melakukan isolasi di tempat khusus, namun yang melakukan isolasi mandiri ada 615 orang, dirawat 77 orang, sembuh 101 orang, dan 22 meninggal orang.


"Di bawah jauh klaster keluarga ada klaster kerja. Isolasi mandiri 78, dirawat 2, sembuh 7, meninggal 1. Pasar ada isolasi mandiri 9, dirawat 2, sembuh 63, meninggal 7," jelasnya.

Sementara itu dari data https://corona.jatengprov.go.id/ yang diperbarui pukul 12.00 WIB hari ini, saat ini kasus terkonfirmasi total ada 31.425, dirawat 3.632, sembuh 25.434, dan meninggal 2.359 kasus.

Post a Comment for "7 Wilayah di Jateng Masih Zona Merah Covid-19, Pemalang Salah Satunya"