Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keren!, Tesla Berencana Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Batang

Keren!, Tesla Berencana Bangun Pabrik di Batang

Infomoga.com -- Salah satu produsen mobil listrik dunia, Tesla tengah menjajaki pembangunan pabrik baterainya di Indonesia. Bahkan, Tesla sedang diarahkan oleh pemerintah untuk membangun pabriknya di kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah.

Soal rencana produsen Mobil listrik milik milyader Elon Musk ini dibenarkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang.

ia bilang nantinya, Tesla diarahkan membangun pabrik di Batang. Saat ini proses diskusi antara Tesla dan pemerintah masih berlangsung.

Baca juga: Bocoran Tampang Suzuki XL7, Macho Bro!

"On going discussion, arahnya ke sana (Batang)," kata Agus seperti diberitakan CNBC Indonesia, Senin (19/10).

Kabar Tesla berminat membangun pabrik baterai di Indonesia sudah santer sejak bulan lalu. 

Upaya pemerintah untuk membawa Tesla membangun pabrik ke Batang memang tak mengherankan. Kawasan ini memang disiapkan untuk relokasi pabrik dari luar dengan insentif sewa lahan gratis selama 10 tahun. Bahkan sebanyak 153 perusahaan asing dan luar sudah antre masuk masuk ke Indonesia termasuk ke Batang.

Presiden Jokowi sebelumnya telah memerintahkan pembukaan lahan seluas seluas 4.000 hektare milik PTPN IX di Batang. Tahap pertama dibuka seluas 450 hektare, sehingga harapannya Indonesia makin bisa bersaing menyambut investor dengan pelayanan yang baik dan berdaya saing.

"Saya tidak mau lagi, tadi ada potensi 119 perusahaan yang akan relokasi dari Tiongkok keluar, jangan sampai kita tidak mendapatkan perusahaan itu untuk mau masuk ke Indonesia. Jangan kalah dengan negara-negara lain," kata Jokowi saat meninjau kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, pada akhir Juni lalu.

Pemerintah beberapa tahun belakangan ini gencar membangun kawasan industri diberbagai wilayah di tanah air. 

Kawasan industri ini nantinya diharapkan mampu menyedot investasi asing sehingga menggerakkan ekonomi nasional, salah satunya yang sedang dalam tahap pembangunan adalah Kawasan Industri Terpadu di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. 

Baca juga: Kunjungi Jawa Tengah, Presiden Tinjau Penanganan Covid-19 hingga Proyek Padat Karya

Sebagai catatan, seperti dikutip dari wikipedia.com, Tesla Inc. adalah perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat yang didirikan pada 2003 oleh Elon Musk dkk yang berbasis di Pallo AltoCalifornia.

Produk perdananya ialah Tesla Roadster, sebuah mobil sport premium bertenaga listrik pertama yang menggunakan baterai lithium-ion dan mampu menempuh jarak 320 km untuk setiap chacharging.




Post a Comment for "Keren!, Tesla Berencana Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Batang"