Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penipuan Situs Prakerja, Masyarakat Diminta Waspada

Penipuan Situs Prakerja, Masyarakat Diminta Waspada

Infomoga.com -- Beberapa hari terakhir beredar info pendaftaran Kartu Prakerja di beberapa grup WhatsApp, di mana cara pendaftaranya melalui situs www.prakerja.vip atau www.prakerja.id. Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja memastikan itu hoax.

PMO Kartu Prakerja mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tidak mendaftarkan diri sebagai peserta program kartu prakerja di luar situs resmi karena pendaftaran hanya di situs www.prakerja.id seperti dilansir CNBC Indonesia, Seni (12/10/2020).

Situs www.prakerja.vip atau www.prakerja.id bukan situs resmi pendaftaran kartu prakerja milik pemerintah. Pun saat ini pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 sudah ditutup dan belum ada informasi resmi, apakah akan dibuka kembali atau tidak.

"Alamat situs prakerja yang resmi hanya di www.prakerja.go.id," ujar manajemen pelaksana melalui akun media sosialnya, dikutip Infomoga.com, Senin (12/10/2020).


"Pastikan sobat tidak memberikan NIK, KK, Nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab," kata PMO Kartu Prakerja melanjutkan.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengimbau masyarakat yang menjadi korban penipuan situs pendaftaran program Kartu Prakerja, https://prakerja.vip, agar melapor ke polisi
agar dapat diproses lebih lanjut.

"Hati-hati rekan pekerja saat menerima informasi. Tetap waspada dan laporkan kepada pihak kepolisian jika mengalami kerugian," kata Ida melalui pesan singkat seperti diberitakan Antara

Sebelumnya, situs daftar prakerja sempat viral dan menjadi trending topic nomor satu di situs pencarian google dengan 200.000 lebih penelusuran, Minggu (11/10).

Setelah ditelusuri, topik itu menjadi tren setelah munculnya pesan berantai melalui Whatsapp tentang adanya situs pendaftaran www.prakerja.vip

Bunyi pesan berantai itu sebagai berikut:

"Daftar Prakerja Sekarang, dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan.
Langkah untuk mendaftar Prakerja
Kunjungi situs www.prakerja.vip
Isi formulir data diri
Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
Bantuan akan dikirim melalui rekening bank
harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan."


Untuk diketahui, pemerintah memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran gelombang 11 di tahun ini. Pasalnya kuota untuk anggaran tahun ini telah dipenuhi pada gelombang 1-10.

Kartu Prakerja pada 2020 memiliki target menjaring 5,6 juta warga negara Indonesia berusia di atas 18 tahun yang sedang tidak menempuh pendidikan formal dengan anggaran Rp 20 triliun.

Post a Comment for "Penipuan Situs Prakerja, Masyarakat Diminta Waspada"