Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah & Makna Hari Pahlawan 10 November 2020

Sejarah & Makna Hari Pahlawan 10 November 2020

Infomoga.com
-- Tepat di hari ini 75 tahun yang lalu terjadi Pertempuran yang sangat heroik antara para pejuang Indonesia melawan tentara Inggris untuk merebut kemerdekaan. 

Pertempuran yang terkenal dengan sebutan Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 itu pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Penetapan Hari Pahlawan dilakukan melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959. Keputusan ini  ditandatangani oleh Presiden Soekarno. 

Pertempuran besar yang berlangsung cukup lama ini menelan banyak korban, mulai dari tentara hingga masyarakat sipil. 


Tahun ini, Hari Pahlawan jatuh pada hari Selasa. Sama seperti peringatan tahun-tahun sebelumnya, Hari Pahlawan tahun ini juga memiliki tema, yakni 'Pahlawanku Sepanjang Masa'.

Kementerian Sosial Republik Indonesia telah meluncurkan tema dan logo resmi untuk memperingati Hari Pahlawan 2020.

Sejarah & Makna Hari Pahlawan 10 November 2020

Dikutip dari laman Kemsos.go.id dan Akurat.co, Tema tersebut diwujudkan dalam sebuah logo khusus yang dirilis untuk memperingati Hari Pahlawan tahun 2020. 

Logo berbentuk bulat dengan ornamen seorang pejuang berdasi merah sambil menegakkan bambu runcing dan bendera merah putih di tengah logo.

Di dalam logo tersebut juga terdapat tulisan tema dari Hari Pahlawan Tahun 2020 ini yang berada di dalam lingkaran bagian atas logo tersebut.

Pemilihan tema 'Pahlawanku Sepanjang Masa' memiliki makna bahwa saat ini semakin banyak pahlawan muda yang mampu menghadirkan perubahan hingga menyuntikkan energi positif dalam berbagai bidang kehidupan. 


Di era digital seperti sekarang ini, sosok inspiratif seperti influencer, content creator, pebisnis muda, artis muda, animator, hinga olahragawan tak hanya mampu berkontribusi dalam lingkup nasional tetapi bahkan hingga internasional.

Para generasi muda Indonesia diharapkan mampu menjadi panutan, menginspirasi banyak orang layaknya para pahlawan yang telah mengucurkan darah demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.

Post a Comment for "Sejarah & Makna Hari Pahlawan 10 November 2020"