Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

62 Ribu Vaksin Covid-19 Tiba di Jateng Hari Ini, Proses Vaksinasi Mulai 14 Januari

62 Ribu Vaksin Covid-19 Tiba di Jateng Hari Ini, Proses Vaksinasi Mulai 14 Januari

Infomoga.com
-- Senin (4/1) dini hari tadi sebanyak 62.560 dosis vaksin buatan Sinovac telah tiba di Jawa Tengah. Tahap pertama vaksinasi akan menyasar para tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Jawa Tengah.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek langsung vaksin Sinovac di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Pemprov Jateng di Kawasan Industri Tambakaji Semarang, Senin (4/1/2020).

"Sebanyak 62.560 dosis. Ini bertahap dan alhamdulillah sudah kita siapkan semuanya termasuk nanti sistem distribusinya ke daerah sampai ke penerima," kata Ganjar Pranowo.

Ganjar mengungkapkan, proses vaksinasi rencananya akan dilakukan pada 14 Januari nanti. Target pertama adalah untuk tenaga kesehatan dan personel penunjang di seluruh fasilitas kesehatan.


"Targetnya tahap pertama ini untuk Nakes. Kami sudah menghitung total Nakes sebanyak 177.784, kemudian tahap kedua nanti untuk pelayanan publik," ungkapnya.

Menurut Ganjar, secara aturan, ketentuan tentang vaksinasi ini memang tidak Gampang. Pengelolaannya harus hati-hati betul dan rantai dingin vaksin harus benar-benar terjaga. 

"Istilahnya harus ada rantai dingin, mulai dari sini sampai ke Kabupaten/Kota, Puskesmas bahkan sampai ke orangnya harus menggunakan tempat khusus. Ini nggak boleh putus agar vaksinnya tidak rusak. Kami sudah siapkan pengelolaan dengan hati-hati sambil menunggu jadwal-jadwal kedatangan berikutnya," jelasnya.

Untuk tahap pertama ini, pihaknya sudah mendata penerimaan di masing-masing daerah. Sebanyak 35 Kabupaten/Kota sudah dihitung distribusi vaksin tahap awal ini. 

"Sudah ada tabelnya dari 35 Kabupaten/Kota penerima vaksin ini. Terbanyak kalau saya lihat di Kota Semarang, kemudian Solo dan Banyumas. Itu yang rata-rata jumlahnya di atas 10.000 dosis," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo menambahkan, setelah kedatangan vaksin tahap pertama ini, pihaknya segera menata proses distribusi. Diharapkan dalam waktu singkat, vaksin dapat didistribusikan ke daerah. 


"Segera nanti kami distribusikan, dalam waktu 1-2 hari akan kami distribusikan ke Kabupaten/Kota," jelasnya.

Persiapan di Kabupaten/Kota juga sudah matang. Rantai dingin vaksin sudah disiapkan termasuk vaksinator di masing-masing tempat juga sudah dilatih. 

"Semuanya sudah kami siapkan, jadi bisa langsung jalan termasuk rantai dinginnya karena vaksin ini harus disimpan dalam suhu 2-8 derajat. Untuk kedatangan vaksin selanjutnya, kami belum tahu jadwal datang lagi vaksinnya kapan, karena kebijakan itu dari pusat," tandasnya.

Post a Comment for "62 Ribu Vaksin Covid-19 Tiba di Jateng Hari Ini, Proses Vaksinasi Mulai 14 Januari"