Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antisipasi Lonjakan Covid-19, RSUD Dr M Ashari Siap Menjadi RS Darurat

Antisipasi Lonjakan Covid-19, RSUD Dr M Ashari Siap Menjadi RS Darurat

Infomoga.com
-- Masih tingginya penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sejumlah langkah dipersiapkan. Rumah Sakit (RS) darurat Covid-19 alternatifnya.

Rumah sakit pemerintah tengah disiapkan menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

Direktur RSUD Dr M Ashari, Sunardo Budi Santoso mengatakan, jumlah tempat perawatan pasien Covid-19 masih mencukupi meski kasus terus meningkat. 

Baca juga: Pemerintah Batasi Kegiatan Masyarakat di Jawa-Bali Mulai 11-25 Januari 2021

"Kapasitasnya masih mencukupi, namun kami juga sudah mendapat instruksi untuk menambah ruang isolasi untuk mengantisipasi terus bertambahnya kasus Covid-19," kata Sunardo, seperti dikutip dari Gatra.com (7/1/2021).

Menurut Sunardo, skenario terburuk untuk mengantisipasi jika terjadi ledakan kasus juga sudah disiapkan, yakni dengan membuka bangsal baru khusus Covid-19.

"Kalau bangsal baru ini bisa menampung 40 tempat tidur untuk pasien reguler. Kalau bangsal khusus pasien Covid-19 ya 50 persennya jadi sekitar 24 tempat tidur. Ini bisa kami siapkan kurang dari sehari," jelasnya.

Selain itu, lanjut Sunardo, seluruh ruang perawatan yang berjumlah 298 ruang juga bisa digunakan untuk merawat pasien Covid-19 jika penambahan kapasitas ruang perawatan masih tidak mampu menampung lonjakan jumlah pasien.

"Semua ruang mau dijadikan ruang perawatan Covid-19 pun tidak masalah. Berdasarkan arahan bupati kemarin, kalau sampai outbreak (terjadi ledakan kasus), pasien reguler kami alihkan ke rumah sakit lain, nah RSUD kami pakai khusus menanganai Covid-19. Itu skenario terburuknya," ujarnya.

Sunardo menegaskan, hingga pekan pertama Januari, kapasitas tempat perawatan masih mencukupi meski terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.

"Sekarang aman dan jumlah ventilator cukup. Ruang ICU Covid kami ada 6 tempat tidur dan ICU umum ada 9 tempat tidur. Itu semua berventilator. Kalau butuh ventilator, ICU reguler kami jadikan ICU Covid," ucapnya.

Baca juga: Update Covid-19 Jateng: Ini 17 Daerah Risiko Tinggi Penularan Corona

Sebelumnya, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pemalang melonjak drastis usai libur panjang Natal dan Tahun Baru. 

Berdasarkan rilis terbaru Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Senin (5/1), jumlah kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 107 orang. Dari jumlah itu, satu orang meninggal.

Selain penambahan kasus baru, Satgas juga melaporkan sebanyak 180 orang sudah sembuh dari Covid-19. Mereka sudah selesai menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

sumber: Gatra.com

Post a Comment for "Antisipasi Lonjakan Covid-19, RSUD Dr M Ashari Siap Menjadi RS Darurat"