Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pagi Ini Cilacap Diguncang Gempa 4.3 Magnitudo, Terasa Hingga Pangandaran

Pagi Ini Cilacap Diguncang Gempa 4.3 Magnitudo

Infomoga.com
-- Gempa bumi dengan kekuatan 4.3 magnitudo guncang Cilacap dan sekitarnya, Rabu (3/2/2021), pukul 06.39 WIB. Gempa ini dirasakan masyarakat wilayah Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat.

Melalui akun instagram @bmkgjateng, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa berada di 78 kilometer arah Badat Daya Cilacap dengan kedalaman 64 kilometer. 

Lokasi gempa ada di koordinat 8,43 derajat Lintang Selatan (LS) dan 108,93 derajat Bujur Timur (BT). Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca juga: Rentetan Gempa Mengguncang Indonesia, Dari Bengkulu Hingga Sabang

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Menengah akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan dari masyarakat juga dirasakan di wilayah Salopa, Pangandaran, Ciamis, Karangnunggal dan Lebeng dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Pagi Ini Cilacap Diguncang Gempa 4.3 Magnitudo

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Hingga pukul 07:27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," tulis @bmkgjateng.

Baca juga: Pagi Ini Pacitan Diguncang Gempa 4 Magnitudo

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hendro Nugroho meminta masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya 

Post a Comment for "Pagi Ini Cilacap Diguncang Gempa 4.3 Magnitudo, Terasa Hingga Pangandaran"