Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Terjadi Pergerakan Tanah di Kaki Bukit Tangkeban, Tim Relawan Bergerak Cepat Lakukan Pengecekan

Terjadi Pergerakan Tanah di Kaki Bukit Tangkeban, Tim Relawan Bergerak Cepat Lakukan Pengecekan

Infomoga.com - Sima
, Tim Relawan Moga melakukan pengecekan lokasi tanah bergerak di kaki perbukitan Tangkeban, Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (16/2/2021) Masih aman dan berada jauh dari lokasi wisata Bukit Tangkeban. 

Tanah bergerak terjadi usai hujan deras mengguyur wilayah ini beberapa hari belakangan dan pertama kali diketahui oleh warga penggarap lahan disekitar perbukitan Tangkeban.

Dalam pengecekan, tim Relawan didampingi didampingi pengelola obyek wisata Bukit Tangkeban.

Baca juga: Rumah dan Mobil Terbakar di Pulosari, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

"Hari ini relawan akan menyelidiki dan pengecekan lokasi tanah bergerak di perbukitan Tangkeban," kata Wahrip, salah satu tim relawan.

Awal pengecekan, Tim bergerak dari sisi timur laut kaki perbukitanyang masuk wilayah dukuh Tretep Desa Sima, Kecamatan Moga. Perbukitan Tangkeban sendiri terletak di wilayah perbatasan Kecamatan Moga dan Kecamatan Pulosari.

Terjadi Pergerakan Tanah di Kaki Bukit Tangkeban, Tim Relawan Bergerak Cepat Lakukan Pengecekan

Pantauan Infomoga.com, tim relawan yang berjumlah enam orang ini menemukan rekahan-rekahan tanah dengan lebar bervariasi antara 20 hingga 40 centimeter dengan kedalalam 0,5 sampai dengan 1 meter.

Rekahan tersebut memanjang sekitar 150 meter dari arah timur laut ke arah utara perbukitan berdasarkan pengamatan dilapangan.

Tim juga mendapati permukaan tanah yang amblas di sepanjang lokasi rekahan. Tanah amblas antara 0,4-1 meter dari lokasi semula.

Baca juga: 5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung ke Moga, Awas ketagihan loh!

"Penyelidikan dan pengecekan dari lapangan ini untuk memastikan saja, nantinya akan dikaji dulu, lalu hasilnya akan disampaikan ke pihak berwenang sebagai rekomendasi langkah penanganan bencana selanjutnya," paparnya.

Mudah-mudahan dengan adanya pengecekan tersebut, upaya penangan dan mitigasi bencana dapat dilakukan semaksimal mungkin guna meminimalisir jatuhnya korban. 




Post a Comment for "Terjadi Pergerakan Tanah di Kaki Bukit Tangkeban, Tim Relawan Bergerak Cepat Lakukan Pengecekan"