Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UEFA Hapus Aturan Gol Tandang di Semua Kompetisi Antarklub Eropa Termasuk Liga Champions

uefa, gol tandang, liga eropa, liga champions, sepakbola eropa

Infomoga.com
-- Rapat anggota Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) di Porto, Potugal (24/6/2021) memutuskan aturan gol tandang tidak akan dipakai lagi pada seluruh kompetisi yang digelar UEFA, tak terkecuali Liga Champions dan Liga Eropa.

Keputusan tersebut diambil setelah melalui pembahasan oleh peserta rapat sebelum diajukan ke Komite Eksekutif yang kemudian menyetujui rekomendasi yan rekomendasi. untuk menghapus aturan gol tandang ini.

Dikutip uefa.com dan gatra.com, keputusan UEFA tersebut mempertimbangkan bahwa sistem gol tandang seperti di Liga Champions ini hanya menguntungkan bagi tim yang lebih dahulu menjalani partai tandang di fase gugur.


“Dampak dari aturan sekarang bertentangan dengan tujuan awal diberlakukan karena pada kenyataannya, sekarang menghalangi tim tuan rumah untuk menyerang dan takut kebobolan, terutama di leg pertama." ungkap Presiden UEFA, Aleksander Ceferin dilansir dari laman resmi UEFA (25/06/2021).

Berdasarkan data resmi UEFA, sejak pertengahan 1970-an hingga saat ini terdapat penurunan drastis antara jumlah kemenangan kandang dan tandang (dari 61%-19% menjadi 47%-30%). 

Begitu pun rataan gol per laga yang dicetak di kandang/tandang (dari 2,02/0,95 ke 1,58/1,15)

"Ada juga kritik atas ketidakadilan, terutama di perpanjangan waktu, yang mewajibkan tim tuan rumah mencetak dua gol ketika tim tamu telah mencetak gol." tambahnya.

Sejak 1965


Sebagai informasi, aturan gol tandang pertama kali diterapkan pada kompetisi antarklub Eropa sejak 1965, yakni di fase knock-out Piala Winners. Aturan ini diterapkan di pertandingan yang mengantut sitem tandang & kandang atau dua leg.

Aturan ini menyatakan bahwa gol yang dicetak oleh sebuah tim saat laga tandangnya akan bernilai lebih tinggi dari gol yang diciptakan di laga kandang. 

Apabila dari dua leg yang telah digelar hasilnya seimbang, maka tim yang mencetak gol tandang lebih banyak akan lolos ke babak selanjutnya.

Setelah aturan ini dihapus, apabila dari pertandingan di dua leg torehan golnya seimbang, UEFA menerapkan perpanjangan waktu 15 menit dan adu penalti.

"Dengan mempertimbangkan konsistensi permainan di seluruh Eropa, dan banyak faktor lainnya terkait yang menyebabkan penurunan keunggulan tuan rumah, Komite Eksekutif UEFA telah mengambil keputusan yang tepat dalam mengadopsi pandangan bahwa aturan itu tidak lagi tepat," kata  Aleksander Ceferin.

Penghapusan aturan gol tandang ini berlaku di semua kompetisi antarklub Eropa (pria, wanita, dan usia muda). Aturan ini akan diterapkan dari babak kualifikasi mulai musim kompetisi 2021-2022. (uefa/gatra/diolah)

Post a Comment for "UEFA Hapus Aturan Gol Tandang di Semua Kompetisi Antarklub Eropa Termasuk Liga Champions"