Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keren! Siswa SMK Pemalang Jadi Teknisi Ajang Balap Internasional FIM MiniGP 2022

SMK Nusa Mandiri Pemalang, FIM MiniGP Indonesia Series, balap minigp, smk nusa mandiri

Infomoga.com --
Gelaran balap FIM MiniGP Indonesia Series pada Sabtu sampai Minggu (24-25/9/2022) lalu menyisakan cerita membanggakan. Terutama bagi warga pemalang, Jawa Tengah.

Sebanyak 15 siswa SMK Nusa Mandiri Pemalang ikut ambil bagian dalam  balapan yang digelar di Sirkuit Sentul Bogor Jawa Barat. FIM MiniGP menjadi kompetisi pertama yang sudah bergulir di Indonesia sejak Juni 2022 lalu. 

Gelaran yang puncaknya diikuti 15 pembalap muda berusia 10 sampai 14 tahun itu digadang-gadang sebagai pintu gerbang pembalap muda tanah air menuju pentas dunia.

Baca juga: Rossi: Antara Sentul, Valencia dan Mimpi Berlaga di Mandalika

Nah, para siswa SMK bertugas sebagai junior technician atau helper mekanik sejak seri 1 dan seri 2 yang kala itu berlangsung di Sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya pada 3 sampai 4 September 2022.

Praktik langsung

“Mereka mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung di lapangan untuk membantu para mekanik dalam menangangi pacuan-pacuan para peserta di ajang itu," ujar Harlan Fadhillah, Sporting Director Lighting Production penyelenggara FIM MiniGP Indonesia Series 2022, Minggu (25/9/2022).

Para siswa SMK Nusa Mandiri Pemalang Jawa Tengah itu ditugaskan membantu mekain mengurus performa motor Ohvale GP-0 160 asal Italia, pacuan dari para peserta balap. 

Alhasil, para siswa SMK di ajang ini tidak hanya dituntut bisa membantu pekerjaan sang mekanik, tetapi harus bisa bekerja dengan cepat.

balap motor, SMK Nusa Mandiri Pemalang, FIM MiniGP Indonesia Series, balap minigp, smk nusa mandiri
Apalagi dalam sehari, di ajang FIM MiniGP Indonesia series itu terbagi menjadi beberapa sesi. Seperti dari FP1, FP2, QTT lanjut Race 1 dan Race 2. 

Jadi di setiap jeda waktu, para siswa SMK ini dituntut bekerja cepat agar kuda pacu peserta selalu dalam performa optimal untuk melibas sesi selanjutnya.

Pengalaman luar biasa

Sementara, Kepala SMK Nusa Mandiri Moch Maliki mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada murid-murid mereka sehingga bisa berpartisipasi menjadi teknisi di ajang FIM MiniGP Indonesia Series tersebut.

Baca juga: Mengenal Miguel Oliveira, Dokter Gigi Ganteng Sang Juara Motogp Austria

Keterlibatan para siswa SMK Nusa Mandiri sebagai junior technician atau helper mekanik di event balap internasional FIM MiniGP Indonesia series 2022 itu dianggap menjadi sejarah baru bagi SMK di Indonesia.

“Pengalaman ini cukup luar biasa bagi siswa karena dikenalkan langsung dengan tekanan dunia kompetisi dan ilmu teknik sepeda motor level advance,” ucapnya.

Link artikel asli
Sumber: Liputan6.com

Post a Comment for "Keren! Siswa SMK Pemalang Jadi Teknisi Ajang Balap Internasional FIM MiniGP 2022"