Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peringatan Dini BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng Hingga 15 Oktober

peringatan dini, cuaca ekstrem, cuaca jateng, bmkg

Infomoga.com
 -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis peringatan dini adanya potensi cuaca ekstrim disebagian besar wilayah Jawa Tengah (Jateng) dalam tiga hari kedepan.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan, analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya pola belokan angin di sekitar wilayah Jawa Tengah.

Selain itu, adanya anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia selatan Jawa serta aktifnya gelombang atmosfer tipe low di wilayah pulau Jawa.

Baca juga: Upaya Mengurangi Risiko Dampak Bencana, BPBD Jateng Petakan Daerah Rawan Bencana

"Hal ini memicu adanya peningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (13/19/2022).

Berdasarkan kondisi tersebut BMKG memprakirakan cuaca potensi curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah pada kurun waktu tiga hari kedepan.

Berapa wilayah tersebut, diantaranya:

Tanggal 13 Oktober 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, Sragen,Blora, Rembang, Jepara, Demak, Kab./Kota Semarang, Temanggung, Salatiga, Batang, Kab. Pekalongan, Kab. Tegal, Brebes dan sekitarnya

Tanggal 14 Oktober 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Jepara, Demak, Kab. Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Kab. Tegal, Brebes dan sekitarnya

Tanggal 15 Oktober 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Sragen, Grobogan, Blora, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan dan sekitarnya

Baca juga: Mengenal Bencana Hidrometeorologi yang Disebabkan Cuaca Ekstrem

Sutikno juga meminta agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi ancaman cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

"Waspadai ancaman banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana," katanya.

Untuk mendapatkan informasi kondisi dan peringatan cuaca terkini bisa diakses melalui www.bmkg.go.id atau www.cuacajateng.com.

Post a Comment for "Peringatan Dini BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng Hingga 15 Oktober "