Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SNPDB MAN Unggulan Kemenag Tahun Pelajaran 2023/2024 Telah Dibuka

Pendaftaran MAN Unggulan, Pendaftaran MAN IC, Pendaftaran MAN Kejuruan, Pendaftaran MAN Keagamaan, SNPDB MAN Unggulan, MAN IC Pekalongan

Infomoga.com --
Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) pada sejumlah Madrasah Aliyah (MA) unggulan sudah dibuka. Pendaftaran dibuka secara online, dari 9 Januari hingga 11 Februari 2023 mendatang.

Ada tiga pilihan pendaftaran, yaitu: Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).  

“SNPDB digelar untuk mendapatkan calon peserta didik terbaik, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya," jelas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Isom, seperti dikutip dari website kemenag.go.id, Senin, (30/1/2023).

Isom mengatakan, SNPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 sengaja dilakukan lebih awal dengan harapan dapat menjaring lebih banyak lulusan terbaik siswa MTS/SMP yang memiliki potensi kecerdasan tinggi di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan serta berkepribadian yang unggul, dan berwawasan kebangsaan yang tinggi.

Dijelaskan Isom setiap pilihan kelompok madrasah memiliki keunggulannya masing-masing. MAN IC misalnya, madrasah ini memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq). 

"MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun Internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” papar Moh. Isom.

Keberadaan MAN Insan Cendikia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.  

Selanjutnya, MAN Program Keagamaan adalah Madrasah Aliyah yang menyiapkan peserta didiknya untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam (tafaqquh fiddin). 

Tujuannya, mendidik mereka untuk menjadi ulama dan cendekiawan muslim nusantara. Saat ini ada 10 MAN Program Keagamaan yang ada di Indonesia

"MAN Program Keagamaan merupakan salah satu program unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama dengan penekanaan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penguasaan Bahasa Arab dan bahasa Inggris," urainya. 

Adapun Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN), saat ini baru ada dua sekolah, yaitu MAKN Bolaang Mongondow dan MAKN Ende.

MAKN memiliki keunggulan di bidang kejuruan dengan kekhasan agama Islam. MAKN dihadirkan untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi pengusaha, enterpreneur dan pekerja yang siap bersaing dan berkompetisi di dunia kerja global.

Untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang SNPDB ini, silahkan kunjungi website https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/.

Post a Comment for "SNPDB MAN Unggulan Kemenag Tahun Pelajaran 2023/2024 Telah Dibuka"