Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, BMKG: Waspadai Bencana Hidrometeorologi

cuaca ekstrem, peringatan dini cuaca, bmkg, potensi cuaca ekstrem

Infomoga.com --
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem selama sepekan ke depan. BMKG mendeteksi kemunculan 3 bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

Kondisi ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem di sejumlah daerah yakni mulai 6-12 Februari 2023. Jajaran pemerintah daerah atau pemda maupun masyarakat dimbau bersiaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem, terutama berupa hujan lebat disertai angin kencang.

Menurut BMKG, cuaca esktrem dapat menimbulkan banyak kerugian, baik secara materiel maupun imateriel. Bukan hanya itu, cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Kemunculan 3 bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Minggu 5 Februari 2023 seperti dilansir Liputan6.com.

Dwikorita juga menyebut, kondisi atmosfer menunjukkan beberapa fenomena yang mendukung pembentukan awan hujan yang lebih intensif dalam beberapa waktu ke depan. 

Di antaranya kondisi aktifnya Madden Julian Oscillation atau MJO, gelombang Equatorial Rossby, dan gelombang Kelvin di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu, Dwikorita menambahkan, Monsoon Asia yang masih aktif serta bibit siklon tropis, pusat tekanan rendah dan sirkulasi siklonik yang membentuk daerah belokan, pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi. 

Itu semua dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Berikut ini daerah yang waspada cuaca ekstrem periode 6-12 Februari 2023:

Potensi  hujan sedang hingga lebat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk siap-siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem akibat kemunculan tiga bibit siklon tropis ini dengan memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan. 

Selain itu, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Post a Comment for "Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, BMKG: Waspadai Bencana Hidrometeorologi"