Widget HTML #1

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jateng, BMKG: Waspada Bencana Hidrometerologi

peringatan dini cuaca ekstrem, cuaca buruk, prospek cuaca ekstrem, jawa tengah, jateng, bmkg, bmkg jateng, cuaca jateng, bencana hidrometeorologi, hujan lebat

Infomoga.com --
Meski sudah masuk musim kemarau, namun beberapa hari terakhir beberapa wilayah di Jawa Tengah masih turun hujan cukup lebat. BMKG meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstem.

Melalui akun instagram resmi BMKG Jateng @cuaca_jateng mempublikasi terkait prospek cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah selama tiga hari ke depan. 

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali kondisi cuaca tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yakni

- Hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah (Laut Jawa);

- Kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan permukaan hingga lapisan 500mb;

- Diamati adanya gelombang Kelvin dan Madden Julian Oscillation (MJO) di fase 2 yang menyebabkan munculnya pusat tekanan rendah di barat Sumatra. 

Kondisi ini meenyebabkan munculnya belokan angin di wilayah Jawa Tengah sebagai dampak tidak langsung dari gangguan atmosfer tersebut.

"Kondisi di atas menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah selama periode 07 - 09 Juli 2023," kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno seperti dilansir detikjateng, Jumat (7/7/2023).

Berikut daerah-daerah di jateng dengan prospek cuaca ekstrem hingga hari Minggu, 9 Juli 2023:

Sabtu 8 Juli 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Kab. Tegal, Pemalang, dan sekitarnya.

Minggu 9 Juli 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Tegal, Brebes, Surakarta, Sragen, Salatiga, Kab. Semarang, dan sekitarnya.

Terakhir, BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Post a Comment for "Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jateng, BMKG: Waspada Bencana Hidrometerologi"