Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BMKG: Potensi Hujan Lebat disertai Petir pada 1-3 Februari 2020, Masyarakat Dihimbau Waspada

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat (28 Januari-3 Februari 2020)
Infomoga.com -- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis pemutakhiran data potensi hujan lebat disertai petir yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada periode 28 Januari - 3 Februari 2020. Terutama wilayah Indonesia Bagian Barat, seperti Sumatera dan Jawa.

Potensi cuaca buruk akan terjadi tersebut akibat adanya Sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat daya Lampung menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang disebelah barat wilayah Sumatera Utara hingga Selatan dan terbentuknya belokan angin di sekitar wilayah Jawa.

Baca juga: Ayo Bersama-sama Kita Cegah Banjir!

Baca juga: Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Tes CPNS 2019 untuk Brebes, Tegal, Pemalang dan Pekalongan

Sementara itu, kondisi labilitas atmosfer cukup signifikan menyebabkan peningkatan massa udara basah di beberapa wilayah Indonesia. Faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian barat.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah-wilayah berikut:

Periode 1-3 Februari 2020 :
  • Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan
"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Drs R Mulyono R Prabowo MSc dalam siaran persnya di Jakarta.

Post a Comment for "BMKG: Potensi Hujan Lebat disertai Petir pada 1-3 Februari 2020, Masyarakat Dihimbau Waspada "