Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencumbu Mentari Pagi di Bukit Tangkeban Pulosari

Mentari pagi di Bukit Tangkeban, Nyalembeng, Pulosari, Pemalang (Instagram/@bukittangkeban)
Infomoga.com -- Pulosari, Menikmati hangatnya mentari pagi menjadi aktivitas menyenangkan saat liburan ke suatu tempat. Apalagi jika kamu berada di lokasi yang tepat. Jawa Tengah memiliki sejumlah lokasi pas untuk menikmati matahari terbit. Salah satunya berada di Kabupaten Pemalang, yaitu bukit Tangkeban.

Bukit Tangkeban yang berada di kaki Gunung Slamet ini awalnya hanya sebuah bukit biasa yang tak terurus, sebagian lahannya digunakan oleh penduduk setempat untuk berladang. Lokasi kini mulai dikenal dan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Pemalang Selatan.

Baca juga: Curug Sidok, Surga Tersembunyi di Sudut Pemalang

Bukit Tangkeban  menawarkan spot menarik untuk menikmati matahari terbit. Kamu bisa melihat matahari terbit yang perlahan muncul di antara perbukitan disisi timur, hamparan sawah ladang nan hijau, serta pemandangan kota Pemalang nun jauh dibatas cakrawala sisi utara .

Pancaran sinarnya yang perlahan menyatu dengan warna langit di pagi hari akan nampak sangat anggun dan cantik. Apalagi di pagi hari, nuansa berbeda bisa kamu rasakan saat kabut masih memeluk erat bumi sekitar Bukit Tangkeban.

Kalau ingin puas menikmati pemandangan matahari terbit di Bukit Tangkeban, pastikan sudah tiba di sana sebelum matahari terbit. Usahakan maksimal pukul 05.00 WIB.

Di bagian atas, ada sebuah area yang cukup lapang  yang menjadi tempat berkumpulnya para pengunjung. Di sana disediakan beberapa tempat duduk dan gazebo yang bisa digunakan untuk menunggu waktu terbitnya matahari.

Selain itu terdapat area untuk berkemah, Kafe dan satu lagi yang istimewa, Taman Langit.


Bukit Tangkeban berada di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Dari pusat kota Pemalang, perjalanan menuju Bukit Tangkeban bisa ditempuh kurang lebih 1 – 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Aksesnya juga mudah. tidak terlalu jauh dari jalan raya lintas Moga-Guci.

Tidak perlu khawatir tersesat, ada banyak petunjuk arah yang cukup jelas untuk menuju ke Bukit Tangkeban. Saat mendekati area Punthuk Setumbu pun sudah ada beberapa warga yang berjaga untuk mengarahkan para wisatawan yang datang.

Baca juga: Segarnya Berwisata ke Cempaka Wulung

Untuk naik ke bukit Tangkeban, dari area parkir ini masih berjalan sedikit mendaki sekitar 10-15 menit. Kalau Anda datang saat masih pagi, kendaraan bisa parkir lebih dekat dengan puncak Bukit Tangkeban. Kondisi jalur menuju puncak  sedikit menanjak tapi cukup mudah, sudah dilengkapi anak tangga.

Yang perlu disiapkan adalah stamina dan perlengkapan yang cocok, agar perjalanan liburan kamu lancar dan menyenangkan agar hati tetap secerah mentari pagi yang terbit diufuk timur.

Post a Comment for "Mencumbu Mentari Pagi di Bukit Tangkeban Pulosari"