Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang

Infomoga.com
-- Dini hari tadi Gunung Merapi kembali mengalami erupsi. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini erupsi pada pukul 00.15 WIB.

"Erupsi Gunung Merapi terjadi tanggal 29 Maret 2020 pukul 00:15 WIB," demikian disampaikan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta melalui akun Twitter resminya @BPPTKG, Minggu (29/3/2020).

Erupsi kali ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 40 mm dan durasi 150 detik. Erupsi ini menjadi yang ketiga setelah erupsi pada pagi tadi pukul 05.21 WIB dan malam tadi 19.25 WIB.

"Teramati tinggi kolom erupsi 1500 m. Arah angin saat erupsi ke Barat," lanjut BPPTKG melalui akun Twitternya @BPPTKG, Minggu (29/3/2020).

Baca juga: Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Capai 3.000 Meter

Baca juga: Pagi Ini Gunung Merapi Kembali Erupsi

Masyarakat disekitar lereng Merapi dihimbau tetap tenang. Tetap waspada dan tidak perlu panik. Masyarakat dihimbau tetap beraktivitas seperti biasa.



Masyarakat dilarang beraktivitas di radius tiga kilometer dari puncak merapi.

"Tetap tenang nggih Warga Merapi. Tetap waspada namun jangan panik. Tingkat aktivitas Waspada (Level II). Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak #Merapi. Di luar radius tsb, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," pungkas BPPTKG melalui akun Twitternya @BPPTKG, Minggu (29/3/2020).

Status Gunung Merapi hingga saat ini masih waspada sejak ditetapkan pada 21 Mei 2018 silam.

Post a Comment for "Gunung Merapi Erupsi Lagi, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang"