Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rilis BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat pada 4 - 7 Maret 2020


Infomoga.com -- Jakarta, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis pemutakhiran data potensi cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada periode 1 - 7 Maret 2020. Terutama wilayah Indonesia Bagian Barat, seperti Sumatera dan Jawa.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Keberadaan daerah tekanan rendah di Pesisir Australia Barat bagian utara dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur serta sirkulasi angin tertutup di utara Papua Barat, menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang dari Perairan Selatan Jawa Timur hingga selatan NTB.

Baca juga: Hujan Deras Sepanjang Malam, Hari Ini Pemalang Banjir Lagi

Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Sumatera bagian utara dan selatan, Kalimantan Barat dan Tengah, Sulawesi bagian tengah, dan Maluku Utara.

Sementara itu labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah Indonesia, kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konvektifitas skala lokal terutama di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang terjadi secara kontinyu disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah-wilayah berikut:

Periode 4-7 Maret 2020:


Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Tinjau Korban Banjir di Pemalang, Mensos Serahkan Bantuan

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Drs R Mulyono R Prabowo MSc dalam siaran persnya di Jakarta.

Selalu Siaga, Waspada Bencana!

Post a Comment for "Rilis BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat pada 4 - 7 Maret 2020"