Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Evolusi Kamera Depan Ponsel


Infomoga.com -- Tahukah kamu kalau kamera depan ponsel awalnya diciptakan bukan untuk swafoto (selfie). Inovasi teknologi kamera depan awalnya tercipta untuk video conference para pebisnis.

Adalah perusahaan Sony Ericsson yang pada tahun 2003 merilis ponsel tipe Z1010 dengan fitur kamera depan beresolusi 0,3 megapiksel.

Sony Ericsson tipe Z1010
Menurut perusahaan tersebut, tujuan pengembangan teknologi kamera depan pada ponsel pertama di dunia itu adalah untuk mengakomodasi para pebisnis melakukan video conference dengan mitra kerjanya seperti dilansir Techinasia.com.

Baca juga: 5 Ponsel dengan Kamera Terbaik, Pas buat Kamu yang Suka Jeprat-jepret

Tujuh tahun berselang, teknologi kamera depan pada ponsel telah merambah smartphone.

Di tahun itu pula, inovasi kamera depan tak hanya dapat digunakan untuk mengambil gambar, tetapi juga video, meskipun resolusi kamera masih sebatas VGA. Saat itu, fitur video call juga sudah mulai berkembang.

fitur video call
Sepuluh tahun kemudian, tepatnya tahun 2013, kegiatan swafoto mulai muncul dan menjadi tren. Bahkan riset yang dilakukan Google menyebut, pada tahun 2014 terdapat 93 miliar foto selfie per hari yang diambil dari smartphone Android.

Baca juga: Galaxy Z Flip, Smartphone Lipat Terbaru dari Samsung

Tren yang mewabah ke berbagai belahan dunia itu juga dipengaruhi oleh teknologi kamera depan smartphone yang kian canggih.

Saat ini, fitur kamera depan yang diadopsi smartphone makin beragam; resolusi kamera yang semakin meningkat hingga dilengkapi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Kamera dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI)
Tak hanya itu, teknologi kamera depan smartphone juga dibuat makin inovatif agar pengguna dapat melakukan selfie dengan nyaman.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Ponsel Oppo A91

Misalnya, beberapa vendor menciptakan dual kamera depan yang berfungsi untuk menangkap swafoto dengan wide angle dan efek bokeh. Ada juga yang hadir dengan fitur pop-up pada kamera depannya.

Berikut evolusi kamera depan pada smartphone dari masa ke masa:

2003
Sony Ericsson merilis ponsel berkamera depan tipe Z1010 beresolusi 0,3 megapiksel.

2008
Kamera depan ponsel sudah bisa untuk mengambil video dengan resolusi QVGA

2010
Fitur video call mulai populer dengan aplikasi FaceTime. Resolusi kamera video masih sebatas VGA.

2011-2013
Tren swafoto (selfi) mulai muncul. Kualitas kamera depan meningkat dari 2 hingga 3 MP. Beberapa kamera ponsel sudah bisa menangkap video beresolusi HD 720p hingga 1024p.

2014
Resolusi kamera depan rata-rata 3 hingga 5 MP. Dilengkapi fitur LED Flash. Penambahan fitur lensa sudut lebar 22mm hingga 25mm untuk menangkap obyek lebih banyak.

2016
Kamera depan ponsel dilengkapi dengan beragam fitur, seperti fitur pengenal wajah Face ID, Face Beauty.

Mulai muncul ponsel dengan dual kamera depan yang mendukung wide angle dan efek bokeh. Resolusi pun meningkat dari 13 hingga 20 MP.

2017
Kamera depan ponsel mulai dilengkapi fitur Optical Image Stabilizer (OIS).

2018-2019
Kamera depan ponsel mulai dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat mendeteksi obyek dengan lebih baik.

Resolusi kamera pun meningkat menjadi 20 hingga 32 MP.

Post a Comment for "Evolusi Kamera Depan Ponsel"