Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Banjir Pesanan Rejeki Ramadan


Infomoga.com -- Belik, Berkah Ramadan dirasakan oleh para perajin kolang kaling di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, kebanjiran pesanan saat bulan Ramadan. Terkendala peralatan manual sehingga produksi kurang maksimal.

Meski Desa Mendelem bukan daerah penghasil pohon aren, namun sebagian masyarakat di desa tersebut banyak yang mata pencahariannya menjadi pengrajin kolang kaling.

Para pengrajin kolang kaling ini kewalahan memenuhi permintaan yang meningkat setiap harinya selama bulan puasa.

Baca juga: Noga Jahe, Pedes Manis Laka Tunggale

"Karena menggunakan alat manual, kami hanya mampu memproduksi 1 kwintal kolang kaling perhari. Jadi prosesnya lama. Mulai dari pemisahan buah aren, perebusan hingga menjadi kolang kaling," kata salah seorang perajin kolang kaling, Yanto (36) seperti dilaporkan Panturapos.com.

Selama ini, mereka hanya mengandalkan pasokan dari petani pohon aren di daerah lain, seperti di Desa Cikadu, Kecamatan Watukumpul dan Kecamatan Warungpring.

"Kalau saya pasokannya dari Desa Cikadu. Saya beli di petani dengan harga Rp 600 ribu per mobil pikap. Setiap hari saya dapat kiriman dari sana. Setelah diolah bisa menjadi 1 kuintal kolang kaling," ujarnya.

Memasuki puasa ramadhan, sejumlah perajin di desa tersebut pun meningkatkan produksi kolang kaling. Pada hari biasa, mereka memproduksi sekitar 30 kilogram perhari. Namun memasuki bulan ramadhan ini produksi meningkat menjadi 50 kilogram hingga 1 kuintal per hari.

"Permintaan kan meningkat, jadi produksinya saya tambah. Sehari saya produksi 1 kuintal, ini saya masih kurang terus. Setiap hari pasti habis terjual. Padahal saya jual cukup di sini, dan pembeli yang datang," jelasnya.

Baca juga: Gorengan Tempe, Camilan Renyah Sing Kemlethik


Hal senada dikatakan pengrajin kolang kaling lainnya, Sanuri (30). Menurutnya permintaan meningkat karena di bulan puasa banyak orang yang mencari kolang kaling untuk dijadikan pelengkap menu berbuka puasa. Seperti diolah menjadi es sirup kolang-kaling, es rumput laut, es buah, dan lain sebagainya.

Harga jual kolang kaling saat bulan ramadan berkisar antara Rp 10.000 - Rp 12.000 per kilogramnya.

Post a Comment for "Banjir Pesanan Rejeki Ramadan"