Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral Video Jenazah ABK Indonesia di Kapal Cina Dibuang ke Laut


Infomoga.com -- Sebuah video yang menayangkan perlakuan tidak manusiawi yang dilakukan di atas kapal nelayan Cina terhadap anak buah kapal (ABK) Indonesia viral di dunia maya.

Dalam video yang ditayangkan pertama kali oleh jaringan televisi Korea Selatan, Munhwa Broadcasting Corporation (MBC) memperlihatkan jenazah ABK Indonesia yang dibuang ke laut dari atas kapal nelayan Cina.

Video juga ini mengungkapkan perbudakan dan eksploitasi terhadap awak WNI di kapal tersebut.

Baca juga: Aneh Tapi Nyata, Video Mobil Tersesat di Hutan Moga

Menurut investigasi MBC seperti dikutip dari Tempo.co, pembuangan jenazah ABK WNI terjadi di Samudera Pasifik pada 30 Maret.

Video dibagikan kanal YouTube MBCNEWS berjudul "[Eksklusif] 18 jam kerja sehari, jika sakit dan meninggal, buang ke laut."

"Jenazah yang dilempar ke laut adalah jenazah Adi, 24 tahun, seorang pelaut WNI yang meninggal setelah bekerja di kapal setahun lebih," menurut MBC.



Sebelum mayat dilempar dengan peti mati, terlihat para pelaut Cina mengadakan upacara pemakanan sederhana dengan menyalakan dupa dan menyiramkan alkohol.

Bahkan sebelum Ari, ada dua jenazah WNI lain yang dilempar ke laut yakni Alfata berusia 19 tahun dan Sepri berusia 24 tahun.

Berdasarkan perjanjian dan regulasi hukum, pelaut yang meninggal di tengah laut seharusnya dikirim pulang. Namun, rekan Ari yang disebut sebagai Pelaut Indonesia A dalam wawancara dengan MBC, tidak menyangka mayat Ari akan dibuang ke laut.

"Saya tahu saya akan mendekati daratan untuk memulangkan mayat," katanya.

Viral di Korea Selatan


Tayangan itu menjadi viral setelah pemilik akun YouTube, Korea Reomit bernama Jang Hansol menyebarkannya melalui akun tersebut seperti dikutip dari laman Bisnis.com.

Pemilik akun YouTube, Korea Reomit bernama Jang Hansol
Tayangan itu juga diulas sang pemilik akun yang cukup menguasai Bahasa Indonesia.

“Video yang akan kita lihat habis ini adalah kenyataan pelanggaran HAM orang Indonesia yang bekerja di kapal China," ujar Jang Hansol menirukan penyiar tersebut seperti dikutip, Kamis (7/5/2020).

Dalam video itu, disebutkan MBC mendapatkan rekaman itu setelah kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Busan. Tayangan itu menjadi trending topik di Twitter sejak kemarin malam.

Hansol menjelaskan bahwa berita yang disiarkan MBC itu juga sedang viral di Korea Selatan. Pasalnya, ABK Indonesia yang bekerja di atas kapal nelayan China diperlakukan tidak manusiawi hingga meninggal.

Tayangan itu menggambarkan detik-detik proses pembuangan jenazah ABK Indonesia ke laut.

Dokumen kerja ABK Indonesia (Youtube MBC)
Baca juga: Heboh 'Petai' Raksasa dari Banjarnegara

“Mereka itu bawakan air mineral ke kapal, tapi yang minum orang China sedangkan orang Indonesia disuruh minum air laut yang difiltrasi. Sehari kerja 30 jam berdiri diselingi waktu 6 jam dihitung sebagai waktu istirahat,” tutur Hansol menerjemahkan berita MBC.

“Jika jatuh sakit dan meninggal, lempar ke laut,” katanya.

Organisasi hak asasi manusia Korea Selatan yang mengetahui kematian empat ABK langsung memulai penyelidikan dan beberapa ABK Indonesia di Busan, meminta pemerintah Korea Selatan melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap kapal nelayan Cina agar bisa mengungkap pelanggaran hak asasi manusia di kapal tersebut.

sumber: Tempo.co / Bisnis.com

Post a Comment for "Viral Video Jenazah ABK Indonesia di Kapal Cina Dibuang ke Laut"