Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Ribu Calon Jemaah Haji Jateng Batal Berangkat Tahun Ini


Infomoga.com -- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun ini ditiadakan. Ada 30.117 calon jemaah haji di Jawa Tengah yang batal berangkat tahun ini.

Kabid PHU Kanwil Kemenag Jateng, M Saidun mengatakan 30.117 calon jamaah haji itu sudah melakukan pelunasan untuk berangkat tahun ini seperti dilansir laman detik.com (3/6/2020).

"Kalau kuotanya 30.377, tapi yang sudah melunasi atau siap diproses berangkat 30.117. Berarti yang batal ya 30.117 calon haji," kata Saidun.

Baca juga: Alhamdulillah, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka

Untuk solusinya, calon haji yang batal berangkat tersebut akan dialihkan untuk berangkat pada musim haji tahun depan.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan salah satu alasan pembatalan ibadah haji 2020 karena wabah virus Corona atau COVID-19 yang tak kunjung selesai.

Selain itu belum ada kepastian dari pihak Arab Saudi sehingga Indonesia tidak memiliki waktu untuk melakukan persiapan keberangkatan haji.

"Jika jemaah haji dipaksakan berangkat, ada risiko amat besar, yaitu menyangkut keselamatan jiwa dan kesulitan ibadah. Meski dipaksakan pun tidak mungkin karena Arab Saudi tak kunjung membuka akses," pungkas Fachrul dalam jumpa pers yang disiarkan lewat YouTube, Selasa (2/6).

Post a Comment for "30 Ribu Calon Jemaah Haji Jateng Batal Berangkat Tahun Ini"