Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gempa Laut Aegean: 22 Orang Tewas di Turki dan Yunani

Gempa Laut Aegean: 22 Orang Tewas di Turki dan Yunani

Infomoga.com
-- Hingga pagi ini, jumlah korban sementara akibat gempa yang melanda laut Aegean, Jumat (30/10/2020) sore, mencapai 22 orang di Turki dan Yunani. Gempa magnitudo 7,0 tersebut telah memicu tsunami kecil. 

Gempa bumi juga menyebabkan gedung-gedung di beberapa kota di Turki dan Yunani hancur. Setidaknya tercatat sebanyak 196 gempa susulan, 23 di antaranya bermagnitudo lebih dari 4,0. 

Pejabat berwenang setempat mengatakan 20 orang tewas di daerah pesisir di barat Turki, sementara dua remaja—laki-laki dan perempuan—tewas di Pulau Samos, Yunani.

Baca juga: Emmanuel Macron Hina Islam, Pemerintah Indonesia Panggil Dubes Prancis

Di Turki, setidaknya 20 bangunan di kota Izmir saja hancur. Hal itu disampaikan wali kota setempat, Tunc Soyer, kepada CNN Turk seperti diberitakan Sindonews, Sabtu (31/10/2020). 

Foto-foto dan video menunjukkan kendaraan hancur di bawah bangunan dan orang-orang menggali reruntuhan untuk mencari korban yang selamat.

Badan bencana Turki mengatakan setidaknya 786 orang terluka. Puluhan orang diselamatkan oleh tim penyelamat menggunakan penggali dan helikopter untuk mencari korban.

Menteri Lingkungan dan Urbanisasi Turki, Murat Kurum, mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut di 17 bangunan, empat di antaranya runtuh. 

Rekaman video televisi menunjukkan air membanjiri jalan-jalan di Cesme dan Seferihisar di beberapa bagian provinsi Izmir Turki yang lebih luas, serta di pulau Samos, Yunani, yang oleh para pejabat digambarkan sebagai "tsunami kecil".

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test di Sejumlah Titik dan Lokasi Wisata

Idil Gungor, yang bekerja sebagai jurnalis dan mengelola wisma di kota Siğacik Turki di provinsi Izmir, mengatakan bahwa daerah itu lebih rusak oleh kekuatan air daripada gempa itu sendiri.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengukur besarnya gempa pada magnitudo 7,0, sementara otoritas Turki mengatakan kekuatannya magnitudo 6,6. 

Menurut USGS, gempa tersebut melanda 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di Samos.

Post a Comment for "Gempa Laut Aegean: 22 Orang Tewas di Turki dan Yunani"