Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Ini Pemalang Akan Mengalami Hari Tanpa Bayangan, Catat Jamnya Lurr!

Hari Ini Pemalang Akan Mengalami Hari Tanpa Bayangan, Catat Jamnya Lurr!

Infomoga.com --  Wilayah Kabupaten Pemalang hari ini, Jumat 9 Otober 2020 akan mengalami hari tanpa bayangan. Fenomena itu terjadi saat posisi matahari tepat berada di Pemalang. Peristiwa itu terjadi berkisar pada pukul 11.23-11.31.

Hari tanpa bayangan sendiri lantaran matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat (Zenith). Akibatnya, bayangan benda tegak terpapar sinar matahari pada waktu tengah hari (siang) akan tidak memiliki bayangan selama beberapa saat. 

LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menjelaskan, fenomena Hari Tanpa Bayangan berkaitan dengan posisi astronomis Indonesia.


"Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan," tulis LAPAN dilansir Solopos.com

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko mengatakan bahwa fenomena hari tanpa bayangan ini terjadi sebanyak dua kali dalam setahun. 

"Fenomena ini merupakan fenomena yang biasa yang wajar terjadi setiap dua tahun sekali yakni bulan Februari dan Oktober, Saat hari tanpa bayangan pengamat tidak dapat melihat bayangannya sendiri, seolah bayangannya hilang tertumpuk oleh ukuran benda itu sendiri.," ujarnya seperti dilansir Tribun Jateng.

Menurutnya warga tidak perlu khawatir dengan peristiwa tersebut. Pasalnya peristiwa itu tidak memiliki efek yang banyak terhadap kehidupan sehari-hari. Namun menurutnya yang patut diwaspadai yakni kenaikan suhu yang terjadi akhir-akhir ini. 


Kenaikan suhu itu karena saat ini matahari berada di selatan garis khatulistiwa dan tepat berada di atas Jawa tengah sehingga dimungkinan terjadi suhu yang panas di jawa tengah. 

Peristiwa itu akan berlangsung cukup lama yakni mulai dari akhir September sampai awal November.

"Suhu rata-rata tertinggi untuk saat ini sekitar 36 Celcius. Suhu ini masih cukup rendah dibandingkan tahun kemarin (2019) yang menyentuh angka 39,4 Celcius," tambahnya.

Ia juga menghimbau agar masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Selain tidak lupa mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dalam menghadapi suhu panas ini.

Post a Comment for "Hari Ini Pemalang Akan Mengalami Hari Tanpa Bayangan, Catat Jamnya Lurr!"