Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Optimalkan Peran Puskesmas, Ganjar Perintahkan Lakukan Tracing Covid-19

Optimalkan Peran Puskesmas, Ganjar Perintahkan Lakukan Tracing Covid-19

Infomoga.com -- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan diharapkan mampu berkontribusi dalam rangka penanganan kasus Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng).  

Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau Puskesmas Bener di Kabupaten Purworejo, Rabu (7/10/2020), seperti dilansir ayosemarang.com.  

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo memerintahkan seluruh Puskesmas di Jateng melakukan tracing. Menurutnya, tracing tidak mungkin mengandalkan Dinas Kesehatan, karena cover areanya terlalu besar. 

Baca juga: 'Gerakan 35 Juta Masker untuk Jateng' Cara #JatengLawanCorona

"Kami ingin menjadikan Puskesmas sebagai ujung tombak penanganan Covid-19. Kenapa Puskesmas, karena ini front pelayanan kesehatan yang paling depan. Kalau mengandalkan Dinas Kesehatan, ini nggak akan sanggup karena coverage areanya terlalu besar", jelasnya. 

Ganjar menerangkan, Puskesmas dapat menjadi kekuatan yang bisa dioptimalkan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sebagai lembaga kesehatan yang didesign khusus untuk pelayanan paling depan di Indonesia, Puskesmas lanjut dia dinilai mampu melakukan tugas itu. 

"Puskesmas ini yang paling depan, karena mereka tiap hari bergumul dengan masyarakat paling depan. Dengan optimalisasi Puskesmas dalam rangka tracing ini, maka kita bisa mengetahui dan mendeteksi dengan cepat", urainya. 

Baca juga: Alhamdulillah, Tempat Tes Laboratorium Covid-19 di Jateng Bertambah

Selain menggenjot tracing, Puskesmas lanjut Ganjar juga bisa mengkampanyekan program-program lain. Misalnya Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5ng), penanggulangan stunting, gizi buruk, demam berdarah dan lainnya. 

Sambil mengedukasi dan tracing Covid-19, juga mengecek ibu hamil, sosialisasi vaksin balita, penanganan gizi buruk, stunting dan lainnya. Sehingga harapan kedepannya, di tengah pandemi ini semua bisa menjaga dengan baik. 

"Saya akan cek terus, agar Puskesmas di seluruh Jateng bisa optimal dalam melakukan tracing, sehingga lebih baik dan akurat", pungkasnya.

Post a Comment for "Optimalkan Peran Puskesmas, Ganjar Perintahkan Lakukan Tracing Covid-19"