Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Antispasi Lonjakan Covid-19 Libur Nataru, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test Antigen untuk Pendatang

Antispasi Lonjakan Covid-19 Libur Nataru, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test Antigen untuk Pendatang

Infomoga.com
-- Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) sebentar lagi. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan antisipasi lonjakan Covid-19.

Pemprov mengharuskan para pendatang dari luar daerah yang akan memasuki wilayah Jawa Tengah  menjalani pemeriksaan Covid-19. 

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah adanya lonjakan kasus Covid-19 di Jateng seperti yang terjadi setelah masa libur panjang Oktober lalu. 

Baca juga:  Jelang Libur Panjang, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test di Sejumlah Titik dan Lokasi Wisata

Rencananya pengambilan sampling rapid test antigen secara acak tersebut bakal dilakukan di sejumlah rest area perbatasan dan tempat wisata di Jateng.

Pengambilan sampling tes Covid-19 tersebut akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Jawa Tengah bersamaan dengan operasi yustisi penegakkan protokol kesehatan (prokes) seperti dikutip dari Kompas.com (21/12/2020). 

Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo meminta kepada masyarakat untuk tidak mudik atau bepergian pada masa libur akhir tahun. 

Yulianto juga mengimbau agar masyarakat merayakan hari libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di rumah masing-masing untuk mencegah terjadinya kerumunan. Sebab, saat ini kondisi Jawa Tengah belum dinyatakan aman dari Covid-19. 

Baca juga: Kepatuhan Protokol Kesehatan Jateng Menurun, Ganjar Ingatkan Masyarakat

"Di mana-mana tempat kasus Covid-19 saat ini meningkat. Walau akhir tahun saya minta tidak mudik dan tidak kemana mana dulu, walau libur tetap di rumah masing-masing dan hindari kerumunan," jelas Yulianto. 

Yulianto menegaskan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

"Tetap jaga jarak satu dengan lainnya walaupun dengan keluarga atau teman, masker harus selalu terpasang dengan benar walau sedang bicara," ujarnya. 

Baca juga: Update Covid-19 Jateng: Ini 17 Daerah Risiko Tinggi Penularan Corona

Berdasarkan data pasien Covid-19 pada situs corona.jatengprov.go.id per Senin (21/12/2020), disebutkan pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat di RS atau isolasi mandiri alias kasus aktif 10.196 orang (bertambah 1.348 orang).

Pasien terkonfirmasi sembuh atau selesai isolasi mandiri 67.034 orang (bertambah 1.588 orang). Sedangkan pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia 4.920 orang atau bertambah 78 orang.

Post a Comment for "Antispasi Lonjakan Covid-19 Libur Nataru, Pemprov Jateng Siapkan Rapid Test Antigen untuk Pendatang"