Widget HTML #1

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jateng, 7 - 11 Desember 2020

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jateng, 7 - 11 Desember 2020

Infomoga.com
-- Dalam Lima hari ke depan beberapa wilayah di Jawa Tengah berpotensi dilanda cuaca ekstrem. Wilayah Pemalang diperkirakan terjadi hujan lebat yang berpotensi disertai angin kencang. 

Berdasarkan data peringatan dini cuaca ekstrem di Jawa Tengah yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang untuk tanggal 6 - 11 Desember 2020.

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Jawa Tengah berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam periode lima hari ke depan.

Dalam keterangan yang dirilis di akun @bmkgjateng disebutkan penyebabnya cuaca ektrem ini karena adanya shear line atau belokan angin di wilayah Jawa Tengah.


Selain itu, fenomena MJO yang saat ini sedang melintas di wilayah Indonesia didukung masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo mengimbau agar warga masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hingga hujan es.

"Termasuk juga dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tambah Achadi.

Berikut wilayah-wilayah di Jawa Tengah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem periode lima hari ke depan:


Senin, 07 Desember 2020 :

Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Semarang, dan sekitarnya.

Selasa, 08 Desember 2020 :

Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Demak, Kab. Semarang, dan sekitarnya.

Rabu, 09 Desember 2020 :

Pemalang, Pekalongan, Batang, Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Magelang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, dan sekitarnya.


Kamis, 10 Desember 2020 :

Brebes, Tegal, Pemalang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kebumen, Purworejo, Magelang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, dan sekitarnya.

Jumat, 11 Desember 2020 :

Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Semarang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Semarang, Salatiga, Kebumen, Purworejo, Magelang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, dan sekitarnya.

Post a Comment for "BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jateng, 7 - 11 Desember 2020"