Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng 15-16 Februari 2021

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng 15-16 Februari 2021

Infomoga.com
-- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG,) Ahmad Yani Semarang merilis peringatan dini Adanya potensi Cuaca ekstrem disebagian besar wilayah Jawa Tengah (Jateng) dalam dua hari kedepan.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan, analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan pola sikonal berupa tekanan rendah di selatan Indonesia ang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan (konvergensi) dan daerah belokan angin (shear) di wilayah Jateng dan Sekitarnya. 

"Kondisi tersebut didukung dengan suhu muka laut yang cukup hangat, masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan di Jawa Tengah," ujarnya melalui akun @bmkgjateng, Jumat (14/2/2021).

Berdasarkan kondisi tersebut BMKG memprakirakan cuaca ekstrem dan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah pada kurun waktu dua hari kedepan.

Berapa wilayah tersebut, diantaranya:

Tanggal 15 Februari 2021

Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Temanggung, Cilacap, Salatiga, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sragen, Blora, Purwodadi, Jepara, Demak, Kudus, Kebumen, Wonogiri,Sragen, Karanganyar, Solo, dan sekitarnya.

Tanggal 16 Februari 2021

Magelang, Boyolali, Klaten, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Temanggung, Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen,Blora, Purwodadi dan sekitarnya.
 
"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," katanya.

Untuk mendapatkan informasi kondisi dan peringatan cuaca terkini bisa diakses melalui www.bmkg.go.id atau www.cuacajateng.com.

Post a Comment for "BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng 15-16 Februari 2021"