Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marhabban Ya Syahrur Rajab, Bulan Penuh Cucuran Rahmat

Marhabban Ya Syahrur Rajab, Bulan Penuh Cucuran Rahmat

Infomoga.com --
Tak terasa sebentar lagi umat muslim akan kedatangan salah satu bulan mulia, yakni Bulan Rajab. Tanggal 1 Bulan Rajab jatuh pada hari Sabtu, 13 Februari 2021. 

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaaan. Karena itu, Muslim dianjurkan untuk berdoa agar mendapat cucuran rahmat dari Allah SWT.

Baca juga: Mbah Nur Walangsanga, Kiai Zuhud Nan Sederhana

Rasulullah SAW menyambut bulan Rajab dengan berdoa agar Allah SWT memberikan keberkahan di bulan ini dan supaya Allah SWT berkenan memanjangkan umur hamba hingga dapat menikmati keistimewaan bulan Ramadhan.

Berikut Doa Bulan Rajab yang bisa diamalkan:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ

Allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballighnaa ramadhoona.

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban, dan sampaikan kami di bulan ramadhan.”

Ada juga Doa lain Bulan Rajab yang bisa dipanjatkan umat Muslim yakni:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahlilhu 'alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, Robbii wa Robbukallahu, hilala rusydin wa khoirin.

Artinya: Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi).  

Bulan Penuh Cucuran Rahmat

Rajab secara bahasa artinya ‘cucuran rahmat.’ Menurut istilah, rajab adalah bulan ketujuh dari kalender ‘Qamariyah’ dan termasuk salah satu dari empat bulan yang mulia.

Mengenai empat bulan haram itu, Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. at-Taubah/9:36).

Baca juga: KH Minhajul Abidin, Ulama Kharismatik

Rasulullah Saw bersabda:

أن النبي صلى الله عليه وسلم قال في حجة الوداع: إن الزمان قد استدار كهيئته يوم خلق الله السماوات والأرض، السنة اثنا عشر شهراً، منها أربعة حرم، ثلاث متواليات ذو القعدة وذو الحجة والمحرم، ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان.

“Nabi saw bersabda pada haji wada’ sesungguhnya waktu itu berjalan terus sejak awal penciptaan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan haram (mulia), tiga bulan berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, dzulhijjah dan muharram serta rajab yang berada antara jumadil akhir dan sya’ban.” (HR al-Bukhari)

Bulan Rajab adalah bulan cucuran rahmat Allah Ta’ala kepada umat-Nya. Bulan Rajab adalah bulan “istighfar,” maka perbanyaklah istighfar di bulan ini.

Pendek kata, bulan Rajab adalah bulan mulia yang banyak keistimewaan di dalamnya.

Wallahu A'lam Bishshawab.

Post a Comment for "Marhabban Ya Syahrur Rajab, Bulan Penuh Cucuran Rahmat"