Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keren! Mahasiswi UNY Asal Pemalang Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

Keren! Mahasiswi UNY Asal Pemalang Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

Infomoga.com --
Masih tingginya kasus infeksi Covid-19 di Indonesia membuat kita senantiasa menerapkan Gerakan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun  dan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. 

Mencuci tangan menjadi kebiasaan baru yang efektif menekan penularan Covid-19. Tidak mudah memang menerapkan kebiasaan tersebut.

Untuk itu, guna memudahkan masyarakat menerapkan budaya hidup bersih tersebut, seorang mahasiswi Prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merancang alat cuci tangan otomatis seperti dikutip dari laman www.uny.ac.id. 


Dialah Oktania Hasna Sulistiyaningrum, asal Widuri, Pemalang, Jawa Tengah ini mengatakan alat ini memakai sensor sensor ultasonik dan kontroler arduino uno dengan sumber tenaganya dari baterai yang dapat diisi ulang. 

Cara menggunakannya cukup dengan mendekatkan tangan ke sensor dengan jarak 15 centimeter, "Maka otomatis, air akan mengali r selama 15 detik," jelas Hasna.

Kemudian, secara otomatis air mati dan sabun cuci tangan ke luar dalam dua kali pumping. Sistem akan berhenti selama 20 detik untuk melakukan cuci tangan.

Keren! Mahasiswi UNY Asal Pemalang Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

"Kira-kira bertahan selama delapan jam jika dipakai terus-menerus. Ketika alat sudah tidak dapat memompa air menandakan baterai telah habis dan harus segera diisi ulang," imbuhnya.

Untuk menghemat penggunaan baterai, alat  tersebut dilengkapi tombol on/off untuk mematikan sistem saat tidak dipergunakan.

Untuk membuatnya, dibutuhkan alat-alat sederhana seperti obeng, tang, lem tembak, atraktor, gunting, solder, pulpen, dan cutter.


Ditambah bahan-bahan, seperti arduino uno, galon, sensor ultrasonik, isi lem tembak, servo, tenol, pompa galon elektrik, serta lem G. Perancangan desain dimulai dari skema elektronik, dirakit sistem elektronik alat sesuai dengan desain skema.

"Arduino Uno sebagai kontrolernya atau otak memproses data. Sensor Ultrasonik sebagai alat mendeteksi tangan yang melakukan cuci tangan. Servo digunakan untuk menarik pumping sabun cuci tangan secara otomatis," terang Hasna.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, alat cuci tangan otomatis ini sudah diserahkan ke Desa Surajaya Kabupaten Pemalang sebagai lokasi KKN UNY.

Post a Comment for "Keren! Mahasiswi UNY Asal Pemalang Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis"