Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penuhi Harapan Masyarakat, Polres Pemalang Hadirkan Sejumlah Inovasi Pelayanan Publik

Penuhi Harapan Masyarakat, Polres Pemalang Hadirkan Sejumlah Inovasi Pelayanan Publik

Infomoga.com
-- Guna mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (prokes) Covid-19,  Polres Pemalang menghadirkan sejumlah inovasi pelayanan publik.

Inovasi itu adalah SKCK on the spot, SPKT on the spot, SIM keliling, SIM malam, Samsat keliling dan Samsat malam.

Inovasi diperlukan guna memenuhi harapan masyarakat dalam mewujudkan pelayanan yang bersih, berintegritas tinggi dan tentunya bebas korupsi.

Baca juga: Kini Polres Pemalang Punya Layanan Terpadu Layanan Cepat Tanpa Antri

“Kami ingin pelayanan publik yang optimal, dengan memberikan akses pelayanan yang mudah, cepat dan mengurangi biaya ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19,” kata Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, Kamis (4/3/2021) seperti dilansir inews.jateng.id.

Pihaknya ingin pelayanan publik yang mudah dijangkau. Dengan demikian, tidak membebani masyarakat dan kaum difabel di tengah pandemi Covid-19.

Diungkapkannya, pelayanan SKCK on the spot tidak hanya memfasilitasi kaum difabel. Namun juga dihadirkan untuk melayani SKCK pada malam hari dan hari libur.

“Sebelumnya, SKCK on the spot hanya memberikan pelayanan SKCK dengan mendatangi pemohon kaum difabel yang telah menghubungi nomor telpon layanan,” jelas Kapolres.

Baca juga: Kejari Pemalang Canangkan Zona Integritas

Pada tahun ini, Polres Pemalang juga menghadirkan pelayanan SKCK on the spot pada malam hari dan hari libur untuk seluruh masyarakat Pemalang.

Dengan adanya sejumlah inonasj tersebut, harapannya dapat menjaga produktivitas masyarakat di tengah pandemi. Sebab dapat dijangkau tanpa perlu meninggalkan aktivitas atau pekerjaan rutin saat hari kerja.

“Selain SKCK on the spot, pelayanan SIM, Samsat dan SPKT on the spot juga dihadirkan malam hari dan hari libur. Semoga bisa memenuhi harapan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai Informasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan ada peningkatan indeks pelayanan publik di lembaga kepolisian di tingkat Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga: Ora Usah Ngantri, Saiki Bayar PBB di Jateng Bisa Disambi Ngopi Lurrr!

Hal itu berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB terhadap 209 unit layanan Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro pada rentang waktu 2018, 2019, dan 2020.

"Angka indeks hasil evaluasi lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan," ucap Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa dalam acara 'Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020,' Selasa (16/2/2021) lalu seperti dilansir tribunnews.com

Diah mengatakan, pada tahun 2018 angka indeks layanan publik oleh kepolisian sebesar 3,31 persen dengan kategori baik.

Angka itu meningkat cukup signifikan menjadi 3,57 persen dengan kategori baik pada 2019.

Baca juga: Kecamatan Moga Mulai Vaksinasi Warga Lansia

"Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, perolehan indeks pelayanan publik lingkup Polres Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro tahun 2020, adalah sebesar 3,71," tutur Diah.

"Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat baik dalam penyelenggaraan pelayanan kepolisian kepada masyarakat," pungkas Diah.

Post a Comment for "Penuhi Harapan Masyarakat, Polres Pemalang Hadirkan Sejumlah Inovasi Pelayanan Publik"