Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dijadwalkan Buka Juni Ini, Simak Rincian Formasi CPNS dan PPK Jateng 2021

Dijadwalkan Buka Juni Ini, Simak Rincian Formasi CPNS dan PPK Jateng 2021

Infomoga.com
-- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021. Jumlahnya ada sebanyak 11.648 lowongan.

Adapun rinciannya, dari jumah tersebut terdiri dari Tenaga Teknis 294 formasi, Tenaga Guru 10.819 formasi, dan Tenaga Kesehatan 535 formasi.

Dari jumlah tersebut, hampir 96 persennya diperuntukan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yakni 11.347 lowongan.

Baca Juga: Kini Polres Pemalang Punya Layanan Terpadu Layanan Cepat Tanpa Antri

Sedangkan, empat persen sisanya diperuntukan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yakni sebanyak 301 lowongan.

"Memang tahun ini perbandingannya cukup jauh sekali, untuk PPPK itu hampir 96 persen," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah Wisnu Zaroh dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (4/6/2021).

Wisnu mengatakan perekrutan CASN tahun 2021 sudah sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca Juga: Ora Usah Ngantri, Saiki Bayar PBB di Jateng Bisa Disambi Ngopi Lurrr!

"Ke depannya ASN kita perbandingannya sebesar 70 persen untuk PPPK dan 30 persen untuk PNS. Artinya ke depan baik tenaga teknis maupun tenaga kesehatan dan pendidikan akan lebih banyak menggunakan metode PPPK tidak lagi CPNS," ujarnya.

Semua tahapan mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan ujian dan pemberkasan dilakukan online. Wisnu menerangkan seleksi PPPK diperuntukan bagi mereka para profesional yang telah mempunyai kemampuan kerja sebelumnya.

Terkait jadwal pendaftaran, hingga kini pihaknya masih menunggu keterangan dari kementerian terkait. Wisnu menyebut jadwal diperkirakan mundur, dari sebelumnya 30 Mei sampai 13 Juni 2021.

Baca Juga: Keren! Mahasiswi UNY Asal Pemalang Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

"Namun Insya Allah pendaftaran (tetap) Juni ini. Di Provinsi Jateng (untuk lokasi ujian SKD) akan dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang. Sementara yang PPPK menunggu dari kementerian, namun dimungkinkan melalui sistem online," imbuhnya.

Wisnu juga mengajak para calon peserta CASN 2021 agar percaya diri dengan kemampuan masing-masing.

Calon peserta CASN diimbau tidak memercayai pihak-pihak yang mengklaim bisa memasukkan sebagai PNS atau PPPK.

Post a Comment for "Dijadwalkan Buka Juni Ini, Simak Rincian Formasi CPNS dan PPK Jateng 2021"