Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indosat Resmi Rilis Jaringan 5G, 5 Kota Ini Menjadi yang Pertama Mencicipi Akses Internet Ngebut

Indosat, Ooredoo, 5G, jaringan internet

Infomoga.com
-- Hari ini, Selasa (22/6/2021) PT Indosat Tbk (ISAT) atau dikenal dengan Indosat Ooredoo secara resmi meluncurkan jaringan 5G di Indonesia. Baru 5 kota yang bisa mengakses jaringan telekomunikasi super ngacir itu.

Indosat Ooredoo telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pengumuman tersebut dilakukan pada 14 Juni 2021.

Dengan surat  tersebut, Indosat telah bisa melakukan komersialisasi layanan 5G kepada konsumennya di Indonesia. 

Untuk tahap pertama, Indosat baru menerapkan 5G di Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Namun sayangnya, belum semua wilayah di kota tersebut bisa mencicipi jaringan 5G.

Mengutip CNBC Indonesia, SVP-Head of Business Planning, Shatya Framudia mengonfirmasi memang belum semua wilayah yang bisa mengakses layanan baru tersebut. Tetapi pengguna bisa memilih dengan sejumlah syarat, termasuk memilih area point of interest.

"Coverage memilih area Point of Interest yang ada, penggunanya ada, pengguna handset juga sudah ada. Memang tidak seluruhnya [wilayah kena 5G]. Secara ekosistem sudah terbentuk," kata Shatya saat peluncuran 5G Indosat, Selasa (22/6/2021).

Dia mencontohkan di Solo,  tersedia seperti di pusat layanan masyarakat dan area pusat pemerintahan. Cakupannya dipilih pada area yang memberikan manfaat untuk masyarakat.

Namun pada tahap berikutnya akan masuk ke manufaktur dan industri yang telah bermitra dengan Indosat Ooredoo.

"Tidak ter-cover seluruh solo, dipilih area-area yang memberikan manfaat ke masyarakat. Balkot [Balai Kota], sekolah," ungkapnya.

Untuk layanan 5G, Indosat menggunakan pita frekuensi 1,8 Ghz. Sementara lebar pita 20 Mhz dengan rentang 1837,5 Mhz hingga 1857,5 Mhz.

Dalam keterangan resmi, disebutkan bahwa peluncuran layanan 5G komersial merupakan bagian dari kemitraan baru ISAT dengan Pemerintah Kota Surakarta (Solo) untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Kemitraan juga mencakup kolaborasi di ranah pemberdayaan UMKM, pendidikan talenta digital, dan pengembangan kota pintar (smart city).

Post a Comment for "Indosat Resmi Rilis Jaringan 5G, 5 Kota Ini Menjadi yang Pertama Mencicipi Akses Internet Ngebut "