Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemerintah Sebut Rantai Pasok Penyebab Inflasi, Pengamat: Gunakan Teknologi!

inflasi, ekonomi, krisis ekonomi, resesi, rantai pasokan, distribusi, bahan pangan, tata niaga pangan, tata niaga logistik

Infomoga.com  --
Pemerintah mengklaim jika pengendalian inflasi Indonesia cukup baik, hal itu menjadi salah satu langkah penting bagi penguatan perekonomian nasional.

Di sisi lain, akar masalah penyebab inflasi adalah rantai pasokan atau alur distribusi. 

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun turut menggunakan instrumen fiskal untuk mendukung pengendalian inflasi dengan memberikan insentif kepada setiap daerah yang inflasinya lebih rendah dari inflasi nasional.

Baca juga: Awul Walangsanga, Makanan Sehat yang Semakin Langka

Menanggapi hal itu, Ekonom INDEF Eisha Rachbini mengatakan, masalah rantai pasok dalam negeri yang disinggung Menteri Keuangan sebagai salah satu biang kerok naiknya inflasi, itu bisa diselesaikan dengan teknologi.

“Penggunaaan teknologi bisa membantu,” tegas Eisha, pada Kamis malam saat dihubungi (20/10/2022).

Eisha menerangkan, misalnya real time data untuk supply, data produksi, sampai data demand yang dibutuhkan masyarakat, juga industri harus sinkron, dibutuhkan koordinasi antar lembaga berwenang yang baik.

“Karena masalahnya selalu berulang ya, harga bahan pokok naik akibat masalah mismanagement di rantai pasok,” ungkap Eisha.

Baca juga: Ini Dia 3 Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Kecamatan Moga

Rantai pasok dalam negeri lanjut Eisha, perlu dibenahi mulai dari produsen, petani, sampai konsumen. 

“Permasalahan rantai pasok terutama food commodity, seperti misalnya bahan-bahan pokok, kapan supply lagi tinggi, bisa disimpan di manage dengan baik, ketika supply lg sedikit, misal akibat cuaca buruk, bisa diantisipasi,” tambah Eisha.


Post a Comment for "Pemerintah Sebut Rantai Pasok Penyebab Inflasi, Pengamat: Gunakan Teknologi!"