Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jangan Sampai Terlewat, Besok Ada Gerhana Bulan Total, Ini Jamnya!

Gerhana Bulan, Gerhana Total, gerhana bulan total

Infomoga.com --
Fenomena gerhana bulan total akan kembali kita saksikan dalam waktu dekat. Ini untuk kali keduanya di tahun 2022.

Kesempatan untuk melihat gerhana bulan total besok, Selasa, 8 November 2022. Fenomena tersebut terlihat di seluruh Asia Timur, Australia, Pasifik, dan Amerika Utara. 

Gerhana bulan total sebelumnya terjadi pada Mei lalu, seperti dilansir Space Daily, (04/11/2022).

Baca juga: Menyaksikan Supermoon di Langit Indonesia Malam Nanti

Menurut rilis resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana Bulan total ini terjadi dalam jangka waktu l 1 jam, 24 menit, 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam, 39 menit, 50 detik. 

Puncak Gerhana Bulan Total dapat disaksikan mulai pukul 18.00 WIB/19.00 WITA/20.00 WIT.

Dijelaskan, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Gerhana bulan total terjadi saat posisi bulan-matahari-bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra (bayangan inti) bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah.

Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Disampaikan BMKG, pada tahun 2022 terjadi empat kali gerhana, yaitu dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan.

BMKG merinci, pertama, gerhana matahari sebagian terjadi pada 30 April 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Kedua, gerhana bulan total terjadi pada 16 Mei 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia. Ketiga, gerhana matahari sebagian pada 25 Oktober 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Dan keempat, gerhana bulan total pada 8 November 2022 yang dapat diamati dari Indonesia.

Sebelumnya, Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Andi Pangerang menyampaikan, seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu dapat mengamati puncak gerhana bulan total tersebut.

"Dampak dari gerhana bulan total bagi kehidupan manusia adalah pasang naik air laut yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya ketika tidak terjadi gerhana, purnama maupun bulan baru," katanya.

Post a Comment for "Jangan Sampai Terlewat, Besok Ada Gerhana Bulan Total, Ini Jamnya!"