Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tetap Waspada! Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Jawa Tengah hingga 6 April Mendatang

peringatan dini cuaca, info cuaca jateng, cuaca jawa tengah, cuaca ekstem, bmkg

Infomoga.com -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca ekstrem wilayah Jawa Tengah pada 4 sampai 6 April 2023. Warga dihimbau mewaspadai kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi selama kurun itu.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan berdasarkan data yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, potensi cuaca ekstrem masih mengintai sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

"cuaca ekstrem itu berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya.

Baca juga: Masjid Era Belanda, Jejak Islam di Tanah Moga

Teguh menjelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, potensi cuaca ekstrem timbul karena adanya pola belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

"Selain itu, hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah dan labilitas udara yang cukup labil serta kelembapan udara yang cukup basah berpotensi menyebabkan hujan sedang-lebat yang dapat disertai dengan petir serta angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah," jelasnya.

Berikut potensi cuaca ekstrem di di Jawa Tengah pada 4 hingga 6 April 2023 seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/4/2023):

Selasa, 4 April 2023 

Cuaca ekstem berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap, Kebumen, Temanggung, Wonosobo, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Semarang, Salatiga, Boyolali, Batang, Pekalongan, Magelang, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Brebes, dan sekitarnya.

Rabu, 5 April 2023

Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Salatiga, Boyolali, Klaten, Karanganyar, Sragen, serta Kabupaten dan Kota Magelang.

Kamis, 6 April 2023

Kondisi cuaca ekstrem diprakirakan terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Klaten, Karanganyar, Pati, Kudus, dan Blora.

Terakhir, BMKG mengimbau warga masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadi bencana akibat kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, hujan es, dan angin kencang atau angin puting beliung selama periode tersebut. 

Post a Comment for " Tetap Waspada! Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Jawa Tengah hingga 6 April Mendatang"